Tujuan PAIKEM

by Aslikan Ahmad , at 12/15/2011 , has 0 komentar
Tujuan PAIKEM sebenarnya untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir tahap tinggi, berfikir kritis dan berfikir kreatif (critical dan creative thinking).
Berfikir kritis adalah suatu kecakapan nalar secara teratur, kecakapan sistematis dalam menilai, memecahkan masalah, menarik kesimpulan, memberi keyakinan, menganalisis asumsi dan pencarian ilmiah. Berfikir kreatif adalah suatu kegiatan mental untuk meningkatkan kemurnian (orginality), ketajaman pemahaman (insigt) dalam mengembangkan sesuatu (generating).
Dalam PAIKEM kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan berfikir tahap tinggi, mengapa demikian..????? tidak lain hal ini dikarenakan dalam pembelajaran pemecahan masalah, siswa secara individual atau kelompok diberi tugas untuk memecahkan suatu masalah, jika memungkinkan masalah tersebut diidentifikasi dan dipilih oleh siswa sendiri, dan hendaknya yang penting dan mendesak untuk diselesaikan serta sering dilihat atau diamati oleh siswa sendiri, umpamanya masalah kemiskinan, pembusukan makanan, wabah penyakit, kemacetan lalulintas, atau soal-soal dalam setiap mata pelajaran yang membutuhkan analisis dan pemahaman tingkat tinggi, dsb.

Aslikan Ahmad
About
Tujuan PAIKEM - written by Aslikan Ahmad , published at 12/15/2011, categorized as PAIKEM , Pendidikan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Pustaka Aslikan by
Theme designed by Damzaky
Modifikasi by Aslikan Ahmad