"SELAMAT DATANG DI BLOG PUSTAKA ASLIKAN, SEMOGA BERMANFAAT"

Tujuan PAIKEM

Tujuan PAIKEM sebenarnya untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir tahap tinggi, berfikir kritis dan berfikir kreatif (critical dan creative thinking).
Berfikir kritis adalah suatu kecakapan nalar secara teratur, kecakapan sistematis dalam menilai, memecahkan masalah, menarik kesimpulan, memberi keyakinan, menganalisis asumsi dan pencarian ilmiah. Berfikir kreatif adalah suatu kegiatan mental untuk meningkatkan kemurnian (orginality), ketajaman pemahaman (insigt) dalam mengembangkan sesuatu (generating).
Dalam PAIKEM kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan berfikir tahap tinggi, mengapa demikian..????? tidak lain hal ini dikarenakan dalam pembelajaran pemecahan masalah, siswa secara individual atau kelompok diberi tugas untuk memecahkan suatu masalah, jika memungkinkan masalah tersebut diidentifikasi dan dipilih oleh siswa sendiri, dan hendaknya yang penting dan mendesak untuk diselesaikan serta sering dilihat atau diamati oleh siswa sendiri, umpamanya masalah kemiskinan, pembusukan makanan, wabah penyakit, kemacetan lalulintas, atau soal-soal dalam setiap mata pelajaran yang membutuhkan analisis dan pemahaman tingkat tinggi, dsb.

0 komentar:

Post a Comment