"SELAMAT DATANG DI BLOG PUSTAKA ASLIKAN, SEMOGA BERMANFAAT"

Pengertian Pendidikan Islam Secara Etimologi

Pengertian Pendidikan Islam Secara Etimologi,
Menurut keputusan konfrensi Islam sedunia di Makkah tahun 1977 menetapkan bahwa ketiga istilah Tarbiyah, Ta'dib, dan Ta'lim boleh dan bisa digunakan untuk menyebut Pendidikan Islam. Namun secara etimologi ketiga kata itu memiliki arti yang berbeda yaitu :

a. Tarbiyah

Tarbiyah berasal dari kata "Rabba-Yarubbu-Tarbiyah" yang artinya : tumbuh dan berkembang atau bertambah. Yaitu upaya menumbuh kembangkan atau menambah (menghidupkan) potensi manusia.

Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Qur'an surat :
Al-Isra' (17) ayat 24
As-Syu'ara' (26) ayat 18

b. Ta'dib

Ta'dib merupakan bentuk masdar dari kata "addaba-yu'addibu-ta'diban" yang artinya menanamkan sikap sopan santun atau mendisiplinkan. Yaitu upaya menanamkan sikap sopan santun (adab) kepada seseorang agar bertingkah laku yang positif dan disiplin.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :
"Hak anak atas orang tuanya adalah dibagusi namanya dan ia mendidiknya"


c. Ta'lim

Ta'lim merupakan bentuk masdar dari kata "allama-yu'allimu-ta'liman" yang artinya mengajar atau memberi ilmu. Yaitu upaya memberikan ilmu pengetahuan pada seseorang agar mengetahui sesuatu.

Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Qur'an surat :
An-Naml (27) : 16
Al-Baqarah (2) : 31
Al-'Alaq (96) : 4-5

Hadis Nabi SAW :
"Didiklah anak-anak kalian karena sesungguhnya mereka diciptakan dalam zamannya sendiri"


"Didiklah anak-anak kalian tidak seperti yang dididikkan kepada kalian sendiri. Oleh karena mereka itu diciptakan untuk generasi zaman yang berbeda dengan generasi zaman kalian"

Dari ketiga istilah di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiganya menunjukkan satu konsep pendidikan dalam Islam, saling melengkapi dan mempunyai satu tujuan dalam Pendidikan Islam yaitu menghantarkan manusia menjadi yang seutuhnya sehingga mampu mengarungi kehidupan ini dengan baik yang sesuai dengan syariat Islam.

1 comment: