Headlines News :
Home » , » Pengertian Pendidikan Islam Secara Terminologi

Pengertian Pendidikan Islam Secara Terminologi

Setelah kemarin posting tentang Pengertian Pendidikan Islam Secara Etimologi  dan untuk kali ini akan kita bahas tentang Pengertian Pendidikan Islam Secara Terminologi menurut beberapa pendapat dari para pakar Pendidikan Islam yaitu sebagaiberikut :

Menurut Syah Muhammad An Naqaib Al Atas dalam bukunya Konsep Pendidikan Dalam Islam, menyebutkan bahwa Pendidikan Islamadalah usaha yang dilakukan pendidik terhadap anak didik untuk pengenalan dan pengakuan tempat - tempat yang benar dan segala sesuatu didalam tatanan penciptaan sehingga membimbing kearah pengenalan dan pengakuan akan tempat Tuhan yang tepat didalam tatanan wujud dan kepribadian.

Menurut Drs. Ahmad Marimba dalam bukunya Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, menyebutkan bahwa Pendidikan Islamadalah bimbingan jasmani rohani berdasarkan hukum - hukum Agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran - ukuran Islam. Beliau mengatakan kepribadian utama tersebut dengan istilah kepribadian muslim,nyaitu kepribadian yang memiliki nilai - nilai Agama Islam, memilih dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai - nilai Islam dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai - nilai Islam.

Menurut Drs. Burlian Shomad, Pendidikan Islamadalah pendidikan yang bertujuan membentuk individu menjadi makhluk yang bercorak diri berderajad tinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan itu adalah ajaran Allah. Beliau mengemukakan pendidikan itu baru dapat disebut Pendidikan Islam apabila memiliki 2 ciri yaitu :
  1. Tujuannya untuk membentuk individu menjadi bercorak tertinggi menurut ukuran Al-Qur'an.
  2. Isi pendidikannya ajaran Allah yang tercantum dalam Al-Qur'an dalam pelaksanaannya didalam praktek kehidupan sehari - hari sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.
Sedangkan menurut Prof. Oemar Muhammad At Taumi As Syaibani, menyabut bahwa Pendidikan Islamadalah usaha untuk mengubah tingka laku individu dalam kehidupannya, kemasyarakatannya maupun alam sekitarnya yang berlandaskan Islam.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Pendidikan Islam adalah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian muslim.
Share this article :
Comments
0 Comments
 
Support : Google+ | Contact On Facebook | Contact On Twitter
Copyright © 2011. Pustaka Aslikan - Learning and Knowledge Sharing
Home | Contact Me | About Me
Powered by Blogger