Membuat Belajar Semakin Seru, Gimana sih caranya.......???

Kita sering kali mengeluh, sudah belajar seharian buat menghadapi ujian, tetapi kenapa nggak masuk-masuk ke pikiran? Supaya belajar kita semakin seru dan supaya belajar kita tidak sia-sia, pasti kita bertanya-tanya, bagaimana sih caranya….???

Nah, pada blog Pustaka Aslikan kali ini akan berbagi gimana caranya biar belajar kita bias merasuk di otak.

Pertama, Tulis ulang pelajaran kamu, istilahnya membuat rangkuman.

Meskipun kerja dua kali, tetapi yang penting, materi yang didapat bisa masuk ke otak kita. Pada saat kita menulis ulang pelajaran itu, kita pasti teringat dengan apa yang sudah kita rangkum.

Kedua, Belajar menjadi guru kecil di sekolah.

Cara ini efektif untuk mengingat-ingat materi pelajaran yang sudah kamu dapat. Caranya kamu mencoba mengajari teman-temanmu yang belum atau kurang paham terutama tentang materi yang sudah diajarkan gurumu. Pada saat kamu menerangkan materi tersebut kepada temanmu, otomatis kamu sudah menyerap materi yang kamu dapatkan. Sekaligus untuk mengukur seberapa sabar kamu dalam menghadapi orang lain.

Ketiga, Tinggalkan system belajar dengan system kebut semalam (SKS) saat mau menghadapi ujian.

Cara ini akan menguras tenaga dan pikiranmu. Paling tidak, kamu sudah mempersiapkan belajar semua mata pelajaran yang bakal diujikan sejak jauh – jauh hari.

Jadi, ketika mendekati ujian, kamu tinggal mengulang apa yang sudah kamu pelajari dan tinggal melengkapi kalau masih dirasa kurang atau ada materi yang terlewat untuk dipelajari. Kamu tidak perlu lagi jungkir balik belajar. Bahkan, jika kamu sudah persiapkan belajar sejak jauh – jauh hari, malam sebelum ujian, kamu justru bias rileks, santai, dan menenangkan pikiran.

Gimana………. Siap untuk belajar dengan baik dan santai menghadapi ujian….???? Tidak ada salahnya ketiga hal di atas kamu coba dan kamu terapkan dalam system belajarmu. Namun yang perlu diingat…….!!!!!!!!!!!!, belajar model apapun kalau tidak ada niat dari diri kamu sendiri dan konsentrasi, semuanya bakal sia-sia. Hanya kamu yang paling mengerti dan tahu kondisi diri kamu sendiri.



Semoga Bermanfaat………….
Blog, Updated at: 9:59:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Pustaka Aslikan | Learning and Knowledge Sharing |. Powered by Blogger.