Langkah Tepat Mengawali Hari

Alangkah indahnya apabila setiap kali akan beraktivitas atau melakukan sesuatu di pagi hari, bisa diawali dengan perasaan senang dan riang. Tapi, jangankan senang, melihat kemacetan lalu lintas dan bayangan ada ulangan atau pekerjaan rumah (PR) yang banyak, membuatmu malas menghadapi hari esok.

Apakah kamu tahu, bagaimana cara untuk mengawali hari sehingga dapat memengaruhi harimu? jika kamu merasa jenuh dan ingin sesekali berangkat ke sekolah sambil bersenandung atau bernyanyi - nyanyi riang, mungkin cara berikut bisa membantumu.

dengan mengawali hari dengan perasaan senang dan riang akan memudahkannmu dalam beraktivitas, apalagi jika pada hari itu kamu ada ulangan atau ujian. Hari - harimu selanjutnya pun akan kamu lalui dengan rileks sihingga kamu akan lebih mudah untuk menggapai hasil yang maksimal dari kegiatan yang kamu lakukan.

1. Mendengarkan Musik


Terapi musik sudah dikenal dapat mengurangi stres dan berefek positif pada kesehatan. Tidak perlu seorang ahli untuk bisa mendapatkan terapi musik ini. Cukup dengarkan musik favorit dari mp3 player, ipod, atau hp mu. Musik akan memberikan energi positif dan ketenangan psikologis.

Musik juga bisa mendukung gaya hidup sehat. Misalnya saja, musik tenang mendorongmu untuk melakukan renungan. Atau musik yang sedikit nge-beat, akan dapat menstimulasi atau menggairahkanmu untuk berolahraga. Tapi rata - rata, musik yang tenanglah yang seringkali dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan merenung dengan apa yang dilakukannya dengan tenang pula.

2. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air panas membuat otot - otot relaks, terutama bagi kamu yang baru saja melakukan aktivitas berat, semacam olahraga. Meskipun tubuh kita masih muda, tetapi perawatan otot juga perlu kita lakukan atau fisik kita juga perlu tetap dijaga. Dengan mandi air hangat, kamu bisa melakukan sedikit gerakan pelemasan otot - otot yang tujuannya agar tubuh tidak kaku.

Pelemasan otot - otot dapat melemaskan otot - otot yang tegang dan memungkinkan kamu untuk memulai hari dengan lebih rileks dan tenang. Tentu saja, jika kamu merasa tenang, kamu akan sanggup mengatasi masalah yang datang hari ini. Entah itu masalah yang timbul dari sekolah ataupun hal  hal yang lain.

3. Sarapan

Sarapan adalah makan yang paling penting dalam sehari. artinya, jangan sampai kamu melewatkan sarapan. Sarapan yang sehat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga menjadikanmu memiliki kekuatan untuk menghadapi hari secara fisik dan mental.

Tanpa sarapan, kamu akan lemas dan kurang bisa berkonsentrasi. Apalagi jika disekolah pada hari itu, kamu akan beraktivitas berat, semisal olahraga, atau mengerjakan ulangan (ujian). Jadi, pastikan sarapanmu terdiri dari unsur protein dan buah. Protein bisa diperoleh dari daging, telur, tahu, atau tempe.

4. Menulis Buku Harian

Menulis buku harian atau saat ini menulis blog, mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan manajemen stresmu. Menuliskan peristiwa yang kamu alami setiap hari, dapat meningkatkan kualitas diri karena membantumu lebih fokus, mengolah emosi, dan membantumu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi.

5. Segelas Susu

Minum segelas susu yang kaya kandungan protein, akan membuatmu merasa lebih segar dan lebih semangat dalam mengawali hari. Susu dapat menciptakan energi tambahan bagimu sehingga dapat diserap maksimal oleh tubuh, yang pada akhirnya kegiatan atau aktivitas - aktivitas yang kamu lakukan pada hari itu menjadi lebih maksimal dan semangat sehingga akan berdampak pada perolehan hasil yang lebih baik. Selain itu, protein yang terkandung di dalam susu akan menjaga kesehatanmu dan membuatmu kebal terhadap bibit - bibit penyakit yang bisa setiap saat masuk ke dalam diri setiap orang.

6. Jalan - Jalan Pagi

Aktivitas jalan pagi memiliki banyak manfaat. selain membuat tubuh tetap bugar, jalan - jalan pagi membuatmu siap untuk menghadapi hari, tidur lebih nyenyak, dan sekaligus membantu menurunkan tingkat stresmu. Jika kamu merasa berat untuk jalan - jalan pagi sendirian, ajaklah orang tuamu, adikmu, sahabatmu, atau teman - temanmu.


Oleh : Hj. Sri Mulyati
Blog, Updated at: 10:56:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Pustaka Aslikan | Learning and Knowledge Sharing |. Powered by Blogger.