UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BIDANG STUDY AL QUR'AN HADITS MELALUI PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DI MI PLUS THORIQUL ULUM MADE LAMONGAN

Judul : UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BIDANG STUDY AL QUR'AN HADITS MELALUI PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DI MI PLUS THORIQUL ULUM MADE LAMONGAN
 
A. Latar Belakang
 
Pada kegiatan belajar mengajar (KBM) MI Plus Thoriqul Ulum, terutama di kelas tiga, kegiatan belajar mengajar (KBM) sering kali terbentur dengan hal-hal yang bersifat kejiwaan. Kondisi kejiwaan dari siswa Madrasah Ibtidaiyah di kelas tiga yang masih labil terkadang menciptakan suatu situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang memerlukan kesabaran, ketalatenan dan pendekatan tersendiri atau ekstra yang dapat membimbing siswa melalui proses pembelajaran yang baik pula. Hal ini mencakup aspek prestasi, kemampuan maupun kepribadian siswa. Dapat dikatakan bahwa, kegiatan belajar mengajar di MI Plus Thoriqul Ulum terutama di kelas tiga memberikan porsi yang lebih besar untuk kegiatan pengembangan kepribadian dan kemampuan serta ketrampilan siswa dari pada kegiatan pembelajaran yang memiliki target pencapaiankemampuan kognitif siswa.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) bidang study al Qur'an Hadits yang berdasarkan kurikulum yang berlaku diajarkan pada siswa di MI mencakup banyak ragam disiplin keilmuan didalamnya. Seorang guu yang mengajarkan materi pembelajaran bidang study al Qur'an Hadits dituntut mempunyai kompetensi yang tinggi yang mencakup keseluruhan materi beberapa disiplin ilmu yang ada dalam cakupan materi bidang study al Qur'an Hadits. Sebuah kenyataan yang ironis, tanggung jawab yang berat pada guru dan pengelola lembaga pendidikan MI ini berhadapan dengan realitas bahwa di perguruan tinggi yang menelurkan sarjana-sarjana pendidikan tidak ada satupun yang membuka fakultas atau jurusan al Qur'an Hadits. Di perguruan-perguruan tinggi tersebut yang ada adalah fakultas pendidikan; jurusan Ekonomi, jurusan Matematika, jursusan Sejarah dan sebagainya.

Akhirnya sebuah pemandangan yang mengenaskan terhampar ditengah-tengah lembaga pendidikan MI. Guru yang pada dasarnya mempunyai standar kompetensi pada satu jurusan saja dituntut harus menguasai materi pembelajaran yang lain yang kurang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi yang dimilikinya. Guru dengan latar belakang pendidikan perguruan tinggi Jurusan sejarah dituntut untuk mengajarkan materi membaca peta yang merupakan cakupan materi Geografi. Tentu saja hasil prestasi belajar siswanya tidak akan sebanding dengan siswa yang diajar oleh guru dengan latar belakang pendidikan perguruan tinggi jurusan Geografi, begitu sebaliknya. Tentang realitas di luar proses pembelajaran bidang study al Qur'an Hadits yang lebih dari kenyataan diatas, atau sebaliknya peneliti kembalikan kepada semua pihak agar mencermati situasi dan kondisi proses pendidikan di lingkungan profesinya masing-masing secara local.

Akibat dari tuntutan yang terkesan dipaksakan ini, guru bidang study al Qur'an Hadits cenderung kurang bersemangat ketika berhadapan dengan materi pembelajaran yang kurang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensinya. Hal ini tentu saja mengakibatkan penurunan hasil prestasi belajar siswanya. Guru pengajar bidang study al Qur'an Hadits di MI juga dihadapkan pada tuntutan kurikulum dan orang tua murid pada prestasi belajar siswa. Sehingga sejalan dengan tanggung jawab profesi dan moralitas maka guru pengajar al Qur'an Hadits dituntut untuk mendapatkan hasil prestasi pembelajaran yang memuaskan banyak pihak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metodet tanya jawab. Penggunaan metode ini dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar (KBM) bidang study al Qur'an Hadits ini dirasakan mampu untuk dapat menaikkan hasil prestasi belajar siswa.

B. Perumusan Masalah

Permasalahan yang ada dalam penelitian tindakan kelas (PTK) penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman materi al Qur'an Hadits siswa kelas III MI plus Thoriqul Ulum Kabupaten Lamongan dirumuskan sebagai berikut:
  1. Bagaimana meningkatkan pemahaman materi al Qur'an Hadits dengan mengunakan metode tanya jawab?
  2. Apakah usaha peningkatan pemahaman materi pengertian dan ruang lingkup pembahasan al Hur'an Hadits dengan menggunakan metode tanya jawab menunjukkan hasil yang memuaskan?

Untuk mendapatkan file lengkap Skripsi :
"UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BIDANG STUDY AL QUR'AN HADITS MELALUI PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DI MI PLUS THORIQUL ULUM MADE LAMONGAN"
Silahkan klik DI SINI...!!!

Blog, Updated at: 6:55:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Pustaka Aslikan | Learning and Knowledge Sharing |. Powered by Blogger.