Pengaruh Tri Pusat Pendidikan Terhadap Akhlak Siswa di MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011

JUDUL : Pengaruh Tri Pusat Pendidikan Terhadap Akhlak Siswa di MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011”.

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan sama sekali, mustahil suatu kelompok manusia dapat berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka.

Dalam Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional Bab II Pasal 2 dicantumkan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Adapun menurut Islam tujuan pendidikan ialah membentuk supaya manusia, cerdas, patuh dan tunduk kepada perintah Tuhan serta menjauhi larangan-larangannya. Sehingga hidupnya bahagia lahir dan batin, dunia maupun akhirat.

Berbagai petunjuk Al Qur’an maupun Sunnah yang menyangkut pendidikan pada umumnya menunjukkan bahwa tujuan utama pendidikan adalah pendidikan moral (akhlak) dan pengembangan kecakapan atau keahlian. Pendidikan adalah sebuah penanaman modal manusia untuk masa depan dengan membekali generasi muda dengan budi pekerti yang luhur dan kecakapan yang tinggi. Sedangkan pendidikan itu sendiri tidak hanya dapat dilakukan di lingkungan keluarga saja, melainkan di tiga lingkungan pendidikan yaitu; lingkungan pendidikam keluarga (pendidikan informal), sekolah (pendidikan formal), dan masyarakat (pendidikan non formal). Jadi baik buruknya akhlak seseorang dan tinggi rendahnya kecakapan atu keahlian seseorang dipengaruhi oleh tiga lingkungan pendidikan tersebut, yang mana ketiga lingkungan tersebut terkenal dengan istilah Tri Pusat Pendidikan.

B. RUMUSAN MASALAH

Dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana Tri Pusat Pendidikan di MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011?
  2. Bagaimana akhlak siswa MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011 ? 
  3. Bagaimana pengaruh Tri Pusat Pendidikan terhadap akhlak siswa MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011 ?

Untuk mendapatkan file lengkap Skripsi : 
"Pengaruh Tri Pusat Pendidikan terhadap akhlak siswa di MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011"
Silahkan klik DI SINI...!!!
Blog, Updated at: 6:45:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Pustaka Aslikan | Learning and Knowledge Sharing |. Powered by Blogger.