Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam

Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam
Agama Islam adalah universal yang mengajarkan pada umat manusia mengenai berbagai aspek kehidupan baik duniawi maupun ukhrawi. Salah satu ajaran Islam tersebut adalah mewajibkan pada umatnya untuk melaksanakan pendidikan karena menurut ajaran Islam pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia mutlak yang harus dipenuhi, demi tercapainya kesejahteraan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan pendidikan manusia akan mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan untuk bekal dalam kehidupannya. Bahkan apabila dikaji secara teliti,islam merupakan agama ilmu(akal) dan agama amal.Karena itu islam selalu mendorong umatnya mempergunakan akalnya guna menuntut ilmu pengetahuan,agar dengan demikian mereka dapat mengetahui dan membedakan mana yang benar dan mana yang salah.Allah berfirman:

اقرأباسم ربك الذى خلق , خلق الانسان من علق , اقرأوربك الاكرم , الذى علم بالقلم , علم الانسان ما لم يعلم (العلق 5-1

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhan yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu yang paling Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.(Q.S.Al alaq : 1-5).


كبر مقتا عند الله ان تقولوا ما لا تفعلون (الصف : 3

“Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa yang tiada kamu kerjakan”.(Q.S.As Shaf : 3).

Berdasarkan penjelasan diatas maka ilmu pendidikan islam perlu dipelajari dan diajarkan kepada para pembina atas dasar hal-hal sebagai berikut:

  1. Hakekat pendidkan islam adalah proses membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak agar menjadi manusia dewasa sesuai dengan tujuan pendidikan islam.
  2. Asas pendidikan islam adalah asas perkembangan dan pertumbuhan dalam peri kehidupan yang berkeseimbangan antara kehidupan duniawi dan ukhrowi, jasmani dan rohani atau antara kehidupan materiil dan mental spiritual. Asas-asas yang lain dalam pelaksanaan operasional seperti asas adil dan merata, asas menyeluruh dan asas integralitas, adalah dijadikan pegangan dalam pendidikan praktis sesuai pandangan teoritis yang dipegangi.
  3. Modal dasar pendidikan islam adalah kemauan dasar (fitrah) untuk berkembang dari masing-masing pribadi manusia sebagai karunia Tuhan. Kemampuan dasar ini merupakan potensi mental spiritual dan fisik yang diciptakan Tuhan sebagai fitrah yang tidak dapat dirubah atau dihapus oleh siapapun, akan tetapi dapat diarahkan perkembangannya dalam proses pendidikan dan sampai titik optimal yang berakhir pada takdir Tuhan. Bagi masing-masing manusia melainkan watak kepribadian akibat berbedanya kemampuan dasar dan keturunan dipandang sebagai realitas individual yang menuntut kesempatan berkembang melalui proses pendidikan yang tepat dan akurat. Tanpa penyediaan kesempatan yang cukup memadai maka kemampuan dasar tersebut tidak akan mengalami perkembangan yang progresif vertical dan horizontal secara normal dan optimal. 
  4. Saran strategis pendidikan islam adalah memanamkan dan mengembangkan nilai – nilai agama dan nilai – nilai ilmu pengetahuan. Secara mendalam dan meluas dalam pribadi anak didik, sehingga akan terbentuklah dalam dirinya, sikap beriman dan bertaqwa dengan kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari – hari. Dengan istilah lain sasaran pendidikan Islam adalah mengintregrasikan iman dan taqwa dengan ilmu pengetahuan dalam pribadi muslim untuk mewujudkan kesejahteraan kehidupan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.
Blog, Updated at: 8:53:00 PM

2 komentar:

  1. teirma kasih atas infromasi yang sudah disampaikan sangat menarik dan bermanfaat sekali buat saya khususnya !

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Atas ilmunya dan semoga kita semua di beri petunjuk ke Ridlo NYA.

    ReplyDelete

Pustaka Aslikan | Learning and Knowledge Sharing |. Powered by Blogger.