Soal dan Jawaban Kuis Asesmen Pra Untuk Guru - Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
1. Dengan disusun dan diterbitkannya Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 ini untuk membantu guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Diharapkan…
- Satuan pendidikan membentuk satuan tugas COVID-19 untuk persiapan pembelajaran
- Guru dan tenaga kependidikan mempunyai acuan dalam merancang, melaksanakan, memandu dan mengembangkan pembelajaran yang efektif
- Guru mampu menyesuaikan dalam Pembelajaran Tata Muka Terbatas (PTM Terbatas)
- Semua Benar
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019
- Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020
- Memandu satuan pendidikan untuk mempersiapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).
- Memandu guru dan tenaga kependidikan dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan dan merefleksikan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
- Memandu warga satuan pendidikan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
- Memandu guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran ketika ada perubahan kondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait pandemi COVID-19.
- Kepala satuan pendidikan
- Peserta didik dan warga satuan pendidikan
- Guru dan tenaga pendidikan
- Guru dan peserta didik
- Panduan pengaturan jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19
- Panduan pengelolaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
- Panduan pengaturan jadwal pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
- Panduan penyusunan RPP kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19
- Kepala satuan pendidikan
- Guru
- Tenaga kependidikan
- Peserta didik
- 7
- 8
- 9
- 10
- Tim Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan
- Tim Pembelajaran, Psikososial, dan Tata Ruang
- Tim Pelatihan dan Humas
- Satuan Pendidikan
- Protokol kesehatan di dalam ruangan
- Protokol kesehatan di ruang kelas
- Protokol kesehatan di sekolah
- Protokol kesehatan di tempat umum
- Kebutuhan peserta didik
- Kurikulum kondisi khusus
- Prinsip pembelajaran
- Protokol kesehatan
- Kurikulum, asesmen dan pembelajaran.
- Kurikulum, asesmen dan rencana pembelajaran.
- Kurikulum, konten pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
- Kurikulum, rencana pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
- Praktik, teknologi pembelajaran, refleksi, dan umpan balik
- Praktik, guru kunjung, refleksi, dan teknologi interaktif
- Praktik, teknologi interaktif, refleksi, dan diskusi
- Praktik, diskusi, refleksi, dan umpan balik
- Melakukan sesi refleksi melalui konferensi video bersama murid
- Murid melakukan praktik secara mandiri di rumah
- Memberikan materi melalui video untuk murid yang dapat diakses kapanpun
- Memberikan tugas untuk murid kerjakan secara mandiri
- Asesmen Diagnosis
- Orientasi Kesiapan Belajar & Psikososial
- Asesmen Formatif
- Asesmen Sumatif
- Menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses pemberian umpan balik – Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif.
- Menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif – Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses pemberian umpan balik.
- Menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif – Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses pemberian umpan balik.
- Menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Melakukan asesmen diagnosis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif – Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses pemberian umpan balik.
- Memastikan kesiapan protokol kesehatan di ruang kelas
- Menyusun kelompok belajar per kelas dengan komposisi yang sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan.
- Memetakan mata pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan PJJ
- Menyusun asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif sebelum pembelajaran
- Menentukan durasi sesi PJJ sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan
- Menuliskan daftar nama peserta didik per kelompok belajar yang sudah ditentukan di setiap kelas
- Menyusun jadwal PJJ sesuai dengan aturan jumlah PTM setiap minggu yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan
- Menentukan durasi waktu sesi PTM Terbatas sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan untuk mengurangi risiko penularan.
- Mengetahui tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan
- Mengetahui tingkat efektivitas pengelolaan pembelajaran
- Mendiskusikan dan menentukan dukungan yang dibutuhkan satuan pendidikan
- Menilai kepatuhan protokol dan pengelolaan pembelajaran pada satuan pendidikan
- Tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di kelas.
- Tingkat pelibatan orang tua dalam merencanakan, memandu, melaksanakan, memberi umpan balik, dan mengembangkan pembelajaran.
- Tingkat pelibatan peserta didik dalam merencanakan, melaksanakan, dan memberikan umpan balik terhadap pembelajaran.
- Tingkat upaya refleksi dan perbaikan proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19 kelas/mata pelajaran.
- Membagikan Praktik Baik
- Menguatkan Potensi Praktik Baik
- Mendiskusikan Penguatan
- Menguatkan Praktik Pembelajaran
0 komentar:
Post a Comment