QUIZ PELAJARAN 2
1. Apa itu berpikir kritis?
o Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain
o Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat
o Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.
o Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.
2. Apa produk berpikir kritis?
o Konsep
o Gagasan baru
o Penilaian dan keyakinan
o Solusi
3. Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?
o Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered learning.
o Student-centered learning adalah prasyarat elearning yang efektif
o A dan B benar
o A dan B salah.
o Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain
o Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat
o Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.
o Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.
2. Apa produk berpikir kritis?
o Konsep
o Gagasan baru
o Penilaian dan keyakinan
o Solusi
3. Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?
o Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered learning.
o Student-centered learning adalah prasyarat elearning yang efektif
o A dan B benar
o A dan B salah.
4. Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?
o SSSP adalah praktik berpikir kritis.
o SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.
o SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.
o Semua jawaban benar
5. Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
o Observasi
o Insight
o Emosi
o Ingatan
6. Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
o Observasi
o Insight
o Emosi
o Ingatan
7. Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis
o Setiap orang terampil berpikir kritis
o Setiap orang mampu berpikir kritis
o Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis
o Semua jawaban benar.
8. Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
o Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar
o Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid
o Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)
o Semua jawaban benar
9. Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?
o Topik pelajaran
o Lirik lagu pop
o Alur cerita film fiksi sains
o Semua jawaban benar.
10. Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
o Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.
o Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan
o Jika terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat
o Semua benar
o SSSP adalah praktik berpikir kritis.
o SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.
o SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.
o Semua jawaban benar
5. Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
o Observasi
o Insight
o Emosi
o Ingatan
6. Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
o Observasi
o Insight
o Emosi
o Ingatan
7. Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis
o Setiap orang terampil berpikir kritis
o Setiap orang mampu berpikir kritis
o Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis
o Semua jawaban benar.
8. Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
o Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar
o Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid
o Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)
o Semua jawaban benar
9. Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?
o Topik pelajaran
o Lirik lagu pop
o Alur cerita film fiksi sains
o Semua jawaban benar.
10. Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
o Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.
o Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan
o Jika terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat
o Semua benar
0 komentar:
Post a Comment