Persiapan Lomba Lingkungan Hidup antar Kelas untuk Menghadapi Program Adiwiyata Th 2015 di SDN Sawo Dukun Gresik

Program Adiwiyata adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, yang diharapkan seluruh warga sekolah turut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan utama Program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Lingkungan sekolah merupakan wadah belajar dan pembentukan karakter dan perilaku anak untuk mengembangkan berbagai aspek menyangkut pengembangan sikap, pengetahuan maupun keterampilan sebagai bekal anak / peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman. Lingkungan sekolah yang ideal adalah sekolah yang mampu menciptakan suasana aman, nyaman, rapi, asri dan kondusif yang dapat memperlancar proses Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah.

Salah satu upaya menciptakan kenyaman disekolah adalah membangun lingkungan sekolah yang bersih,rapi dan terawat, serta menimbulkan rasa aman, nyaman dan kondusif pada warga sekolah. Pada pelaksanaannya, Penting bagi sekolah untuk mengembangkan program pelestarian lingkungan yang diintegrasikan dalam kurikulum dan dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah.

SDN Sawo Dukun Gresik adalah salah satu SD Negeri yang memiliki kriteria tersebut diatas. Sekolah ini memiliki luas areal sekitar 1.955 m2 dengan biota tumbuhan yang beraneka ragam, serta areal perkebunan yang luas, suasana yang tenang, rindang dan alami mendukung untuk terlaksananya program adiwiyata.

Untuk menghadapi program adiwiyata, Ibu Kepala Sekolah Hj. SURAENI, S.Pd terlebih dahulu menggalakkan program lomba penghijauan antak kelas, yaitu mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6 SDN Sawo Dukun Gresik. Kebetulan penulis merupakan wali dari kelas 3 yang insyaAllah banyak sekali program penghijauan yang akan kami wujudkan dengan taman yang baru. Mulai dari tanaman produkti, pelindung maupun tanaman toga tidak lupa dengan keindahan ruang kelas.

Dengan bersama siswa - siswi kelas 3 serta dibantu oleh wali murid, tadi sore (tanggal 10 Maret 2015 pukul :15.30 - 17.00) Alhamdulillah program kami 50% sudah terlaksana. Saya sangat bangga sekali dengan kerja sama antar wali murid kelas 3 SDN Sawo. Saya ucapkan banyak terima kasih semoga dengan lingkungan yang asri kita semua bisa merasakan manfaatnya.

Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Hj. Suraeni, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Sawo yang telah banyak memberikan perubahan pada SD kami tercinta ini yaitu  yang awalnya SDN Sawo belum ada mushallah dan belum punya taman terutama depan kelas 3, Alhamdulillah sekarang sudah ada. Semoga dengan kepemimpinan beliau SDN Sawo semakin maju dan berprestasi, aamiin.

Berikut sengaja kami dokumentasikan bentuk antusiasme paguyuban wali murid beserta siswa-siswi SDN Sawo.

(Istirahat mungkin kecapeean)




(Penanaman Jenis Tanaman Produktif)

(Penanaman jenis sayur-sayuran)


(penanaman jenis tanaman hias)

(Taman Bunga depan ruang kelas 3)

Blog, Updated at: 9:00:00 PM
Pustaka Aslikan | Learning and Knowledge Sharing |. Powered by Blogger.