Pengertian Metode Penelitian

Menurut bahasa metode ilmiah memiliki arti, “Suatu pendekatan yang dipakai dalam penelitian suatu ilmu”. (Zul Fajri, 2000, hal 565). Winarno Surakhmad berpendapat bahwa, “Metode merupakan cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya untuk menguji serangkaian hipotesis dengan mempergunakan teknis atau alat tertentu” (Winarno Surachmad, 1995, hal. 131). Sutrisno Hadi seorang tokoh bidang penelitian memberikan pengertian, “Sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, usaha mana dilakukan dengan menggunakan metode-metode ilmiah”. (Sutrisno Hadi, 1997, hal. 4)

Wiratno Surahmad menyatakan bahwah :
Pada hakekatnya penelitian adalah suatu bentuk kegiatan dengan mengumpulkan dan mengklsifikasikannya untuk kemudian menemukan sifat-sifat umum yang dapat di pandang sebagai hukum, kaidah dan dalil atau generalisasi terhadap fenomena yang berada dalam bidang yang di telitinya dengan menggunakan prosedur yang sistematisk, jelas dan terkontrol (Wiratno Surahmad, 1987, hal. 27).

Menurut Suhardjono dalam buku “pengantar penelitian ilmiah” disebutkan pengertian penelitian sebagai berikut :
Penelitian atau riset (research) adalah merupakan penyelidikan suatu masalah secara sistimatis, kritis, ilmiah dan lebih formal dan yang umumnya bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, atau menguji kebenaran suatu pengetahuan yang memiliki kemampuan deskripsi dan atau prediksi (Suhardjono, 1993, hal. 19).

Hadari Nawawi menjelaskan metode penelitian dalam bukunya :
Suatu metode yang digunakan dalam usaha untuk menangkap gejala-gejala alam dan gejala sosial dalam kehidupan manusia dengan mempergunakan prosedur kerja yang sistematis, teratur, tertib, dan dipertanggungjawabkan secara ilmiah”. (Hadari Nawawi, 1996, hal 91)

Dari penjelasan-penjelasan pengertian para tokoh di atas dapat penulis simpulkan bahwa metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah dalam memecahkan masalah dengan cara sistematis yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan.

Daftar Pustaka
Hadi, Sutrisno, 1997. Metodologi Research, Yogyakarta : Andy Offset.
Winarno, Surachmad, 1995. Metode Penelitian, Bandung : Tarsito.
Blog, Updated at: 6:22:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Pustaka Aslikan | Learning and Knowledge Sharing |. Powered by Blogger.