Hindari Mengeluh..!!! Manusia dan Medsos Bukan Tempat Mengeluh, Lalu Kepada Siapa Kita Mengeluh...???

Kita semua pasti pernah mempunyai masalah dalam kehidupan. Ada kalanya kita merasakan bahagia dan senang, ada kalanya kita merasakan sedih dan pilu. Hal ini adalah sunnatullah.

Hikmah Sholat

Shalat sebagai Rukun Islam ke dua sarat dengan makna dan hikmah yang terkait dengan aktivitas keseharian dalam kehidupan. Diantara hikmah shalat yaitu:

BERKAH MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Kita memperingati kelahiran Nabi, kita akan mendapatkan empat perkara.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

"SELAMAT DATANG DI BLOG PUSTAKA ASLIKAN, SEMOGA BERMANFAAT"

3 Hal Penyebab Celaka

Dari Ibrahim An-Nakha’I ra. :

ﺍِﻧَّﻤَﺎ ﻫَﻠَﻚَ ﻣَﻦْ ﻫَﻠَﻚَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْﺑِﺜَﻼَﺙِ ﺧِﺼَﺎﻝٍ : ﺑِﻔُﻀُﻮْﻝِﺍْﻟﻜَﻼَﻡِ ، ﻭَﻓُﻀُﻮْﻝِ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡِ ،ﻭَﻓُﻀُﻮْﻝِ ﺍْﻟﻤَﻨَﺎﻡِ .

“sesungguhnya orang-orang sebelum kamu itu celaka hanya lantaran tiga perkara, yaitu kelewat banyak bicara, kelewat banyak makan dan kelewat banyak tidur.”

Syarah :

Bicara dianggap kelewat batas, jika membicarakan sesuatu yang tidak menyangkut kebaikan agama maupn dunia. Berlebihan dalam makan, yaitu memakan makanan yang tidak mengakibatkan beribadah kepada Allah. Berlebihan dalam tidur, yaitu setelah tidur tidak dipergunakan untuk beribadah.

(Nashoihul ‘Ibad)

6 Tipu Daya yang Paling Berbahaya

Menurut Yahya bin Mu'adz, ada 6 hal yang termasuk tipuan paling berbahaya.

1. Mengharapkan ampunan dari Allah tapi terus menerus melakukan dosa tanpa penyesalan.
2. Merasa dekat dengan Allah tapi tidak melakukan ketaatan.
3. Mengharap kesenangan surga dengan menyebarkan benih neraka.
4. Mencari istana orang orang yang taat tetapi selalu berbuat maksiat.

yakni ingin masuk surga tanpa berusaha menelusuri jalan ke arah sana, bahkan berani melakukan perbuatan yang bertentangan dengan perintah Allah. Dalam hal ini tidak mungkin ia mampu mendapatinya, sebab imbalan yang diperoleh seseorang adalah sesuai dengan amal perbuatannya.

Allah berfirman: "sungguh kamu akan dibalas sesuai dengan apa yang kamu perbuat." (Q.S. Ath-Tuur).

5. Menanti pahala tetapi tidak mau
beramal sholeh.
6. Mendambakan kasih sayang Allah
tetapi selalu melanggar ketentuan-
Nya.

Ia mengharapkan rahmat Allah, padahal perbuatrannya melampaui batas dengan melanggar ketentuan2-Nya, ia tidak mungkin berhasil mendapatkannya, sebagaimana sindiran seorang penyair yang didendangkan dalam Bahar Basith:

"Dia mengharap keselamatan,
namun dia tidak menempuh jalan keselamatan,
Sungguh, perahu pun tidak bisa berlayar di atas daratan."

Waspada Dari Hal-hal Yang Tidak Bermanfaat

Seorang muslim yang benar Islamnya, selalu berusaha hanya melakukan yang bermanfaat dan mengarah kepada Ridho-Nya, dan berhati-hati supaya tidak terjerumus ke dalam urusan yang tidak bermanfaat. Dia tidak suka mencampuri urusan orang lain yang bersifat khusus, apalagi yang hanya akan mengganggu pikirannya, seperti isu, fitnah dan sebagainya. Menjauhi hal-hal demikian merupakan tanda kekokohan seseorang dalam berpegang teguh dengan akhlak Islam yang indah. Islam memberinya motivasi untuk meninggalkan aktifitas yang hampa kosong tanpa makna, tanpa tujuan.

Rasulullah bersabda:
"Sesungguhnya setengah dari kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan (kegiatan) yang tak memberi manfaat baginya." (HR Malik, Ahmad dan Tabrani).

Dari Abu Hurairah, bersabda Nabi SAW:
"Sesungguhnya Allah ridha kepada kalian atas tiga perkara dan benci kepada kalian atas tiga perkara yang lain : Allah ridha jika kalian beribadah kepada-Nya (secara ikhlas), tidak menyekutukan-Nya dengan apapun, dan berpegang teguh dengan tali Allah dan (berketetapan) untuk tidak bercerai berai. Sedangkan Allah benci jika kalian menyukai desas-desus, terlalu banyak bertanya (tentang perkara yang semestinya tidak ditanyakan), dan menghambur-hamburkan uang." (HR Muslim).

Di dalam masyarakat rabbaniyang tegak atas islam, tidak pantas terdapat pribadi yang suka menyebarkan desas-desus, banyak membantah dan bertanya tentang hal-hal yang tidak bermanfaat. Tidak ada yang sempat mencampuri urusan-urusan orang lain, karena semua pribadi sibuk, terpusat pikirannya pada pekerjaan-pekerjaan besar dan terarah, Berjuan, mengerahkan segenap perhatian, tenaga dan pikirannya untuk menegakkan kalimat Allah yang luhur supaya tegak di muka bumi, meninggikan bendera Islam di atas persada bumi ini, serta menyebarkan nilai-nilai suci di tengah-tengah umat manusia.

ALASAN ISLAM MELARANG PRIA MEMAKAI EMAS

Tentu kalian pernah mendengar kalau umat islam melarang kaum pria memakai emas.mungkin diantara kalian bertanya-tanya kenapa islam melarang ya, padahal kan bukan barang haram. Kalo haram tentu wanita juga dilarang memakai emas. Ternyata bukan karena takut kaum wanita tersaingi tapi karena ada alasan lain yang baru bisa dibuktikan pada abad ke 20. Berikut hadis nya.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang kaum laki-laki memakai cincin emas [Al-Bukhari dan Muslim]

masing-masing dari Al-Bara' bin Azib Radhiyallahu 'anhu, bahwa ketika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki memakai cincin emas di tangannya, maka beliau memintanya supaya mencopot cincinnya, kemudian melemparkannya ke tanah. Hadits ini diriwayatkan oleh imam al bukhori dan imam muslim.

Ternyata diabad ke 20 Para ahli fisika telah menyelidiki hal ini dan kemudian menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia, dan jika kita (pria) mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam kadar yang melebihi batas (dikenal dengan sebutan migrasi emas). Dan apabila ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer.

Sebab jika tidak di buang maka dalam jangka waktu yang lama atom emas dalam darah ini akan sampai ke otak dan memicu penyakit alzheimer.

Alzheimer adalah suatu penyakit dimana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental dan fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Alzheimer bukan penuaan normal, tetapi merupakan penuaan paksaan atau terpaksa. Salah seorang yang terkena penyakit alzheimer adalah charles bronson, ralph waldo emerson dan sugar ray robinson.

Dan mengapa Islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas ?

"Wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui menstruasi." itulah sebabnya Islam mengharamkan pria memakai emas dan membolehkan wanita memakai perhiasan emas.

Itulah alasan agama islam melarang pria memakai emas,ternyata hal ini telah diketahui rasulullah muhammad shallallahu alaihi wasallam 1400 tahun yang lalu. Padahal beliau tidak pernah belajar ilmu fisika dan tidak paham tentang fisika. Allahu akbar.

Subhanallah

Semoga lewat Tulisan ini kita khususnya sebagai seorang muslim dapat mengambil hikmah dari larangan ini dan diteguhkan Iman kita agar tetap taat menjalan Perintah dan menjauhi larangan dari Allah swt. yang telah disampaikan melalui Al-Qur'an Dan Al-hadist. Aamiin..


sumber; status fb ustadz yusuf mansyur

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=555476664508038&id=157485294307179&refid=17&ref=stream

Wujudkan Keluarga Bahagia Dunia Akhirat

Wujudkan Keluarga Bahagia Dunia
Akhirat

Keluarga, bagian terkecil dari
masyarakat, tetapi sangat
mempengaruhi kualitas masyarakat.
Pemerintah sejak tahun 1994,
tepatnya tanggal 29 Juni,
memperingati hari keluarga secara
nasional. Tujuannya mengajak
seluruh keluarga Indonesia agar
melakukan introspeksi dan berbenah
diri untuk meningkatkan kualitasnya,
sehingga tercipta keluarga bahagia
dan sejahtera.

Bagaimana pandangan Islam dalam
membentuk keluarga bahagia?

Tujuan Keluarga

Pembinaan keluarga dimulai dari
tujuan pernikahan, yaitu ketenangan
dan kebahagiaan. “Dan di antara
tanda-tanda kebesaran-Nya ialah ia
menciptakan pasangan-pasangan
untukmu dari jenismu sendiri, agar
kamu cenderung dan merasa
tenteram kepadanya, dan Dia
menjadikan di antaramu rasa kasih
(mawaddah) dan sayang (rahmah).
Sungguh pada yang demikian itu
benar-benar terdapat tanda-tanda
(kebesaran Allah) bagi kamu yang
berfikir.” (QS Ar Rum: 30: 21).

Dengan mawaddah, yaitu kasih
sayang untuk memenuhi syahwat,
suami isteri akan melahirkan dan
mengembangkan keturunan
manusia.Selanjutnya timbul rahmah,
yaitu rasa kasih sayang murni yang
tumbuh dari jiwa yang paling dalam.
Sehingga suami isteri merasakan
kebahagiaan yang tidak bertepi dan
ketenangan yang tidak berbatas, dan
mereka ingin mengisi hari-hari
dengan beribadah dan mendekatkan
diri kepada Allah.

Suami isteri gemar bermusyawarah
karena saling menghormati,
memahami keperluan dan kehendak
masing-masing, dan mencari solusi
tanpa mengorbankan salah satunya.
Amanah pernikahan adalah
membentuk pribadi yang baik agar
dapat membina keluarga yang baik.
Amanah ini akan mendidik suami
isteri lebih bertakwa.

Doa pernikahan: barakallahulaka
(semoga diberi keberkahan Allah
dalam kondisi bahagia), wa
baroka’alaika (semoga diberi
keberkahan Allah dalam kondisi
susah, misalnya ketika sakit diliputi
keberkahan Allah berupa kesabaran
dan kesembuhan), wajama’a
bainakuma fii khoir (semoga Allah
mempersatukan dalam kebaikan).

Kunci Keluarga Bahagia

Suami isteri harus memberikan
perhatian yang tinggi terhadap
keluarga, agar mampu
menghantarkan kesuksesan dunia
akhirat kepada semua anggota
keluarganya. Keluarga muslim
berorientasi ukhrawi, karena
memiliki target meraih surga dan
ridho Allah meskipun dalam
musibah. Sehingga makna bahagia
bagi keluarga muslim adalah
manakala mereka sedang
beraktivitas bersama dalam rangkan
menggapai ridho Allah Swt.

Kebahagiaan keluarga tidak diukur
dari segi material, tapi sejauh mana
ketaatan keluarga kepada Allah.
Kehidupan yang mementingkan
materi, hiburan dan kebebasan
sosial tanpa terikat rambu-rambu
syariah dalam berumah tangga justru
akan menimbulkan masalah dalam
rumah tangga. Walau bukan berarti
keluarga muslim tak perlu memiliki
sarana-sarana fisik yang baik.
Diriwayatkan bahwa Nabi Saw.
bersabda: “Termasuk di antara
kebahagiaan seseorang adalah
memiliki rumah yang baik,
kendaraan yang baik, dan istri yang
baik atau shalehah”.

Setiap anggota keluarga mengetahui
cinta sejati. Cinta tertinggi setiap
mukmin adalah kepada Allah, Rasul
dan jihad di jalan-Nya. Setelah itu,
baru cinta kepada orang tua, suami,
istri, anak, saudara seiman dan lain-
lain. Firman Allah, “Katakanlah, jika
bapak-bapak, anak-anak, saudara-
saudara, istri-istri, kaum kerabat,
harta benda yang kalian miliki, dan
perniagaan yang kalian khawatiri
kerugiannya, itu lebih kalian cintai
dari pada Allah, Rasul dan berjihad
di jalan-Nya, maka tunggulah hingga
Allah mendatangkan keputusan-Nya.
Dan Allah tidak memberi petunjuk
kepada orang-orang yang
zalim” (Qs. At-Taubah 24).

Keshalihan dan kedekatan
seseorang kepada Allah SWT akan
mempengaruhi besarnya cinta suami
istri. Jika Allah telah mencintai kita,
maka kita akan dicintai segenap
makhluk dengan ijin-Nya. Kadar
cinta suami istri tergantung dengan
kualitas ibadah dan keimanan
pasangannya. Cinta yang tidak
dibangun di atas pondasi
mahabatullah, hanya akan
menjerumuskan ke dasar jurang
kelalaian dan kenistaan.

Rasul SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah memiliki hak
atas dirimu yang harus engkau
tunaikan, dirimu memiliki hak yang
harus engkau tunaikan, dan
keluargamu memiliki hak atas
dirimu yang harus engkau tunaikan.
Maka tunaikanlah hak-hak masing-
masing dari semua itu.” (HR.
Bukhari).

Tips Keluarga Bahagia

Jadikan rumah tangga sebagai
markas pengkaderan generasi akan
datang. Suami menghidupkan
semangat memahami agama,
sehingga isteri-anak semakin cinta
kepada agama, Allah dan rasul-Nya.
Cinta inilah yang akan
menghidupkan cahaya hati anggota
keluarga, sehingga perbuatannya
sesuai syariat Allah SWT.

Saling memberikan nasehat dalam
kebenaran dan kesabaran, pujian,
perhatian, hadiah, dan do’a.
Tumbuhkan sikap percaya diri yang
tumbuh dari iman kepada Allah,
kasih sayang, kemesraan dan saling
menghormati antar anggota keluarga
dalam suasana tauhid. Orangtua
menjadi pendengar yang bijak dari
curahan hati anak-anak.Orangtua
bersikap terbuka dalam menerima
kritikan anak.

Berkomunikasilah antar anggota
keluarga dengan lembut dan
mengutamakan musyawarah dalam
amar ma’ruf nahi munkar.
Komunikasi bisa berbentuk lisan
atau bukan lisan (tingkah laku,
mimik muka, tulisan, gerakan
anggota badan dan penampilan
anggota keluarga). Komunikasi
dalam keluarga akan senantiasa
terpelihara selama komunikasi
dengan Allah pun tetap terjaga.

Ucapkanlah salam setiap keluar dan
masuk rumah. Berkatalah dengan
ucapan yang thoyyibah (baik),
karena menjadi teladan bagi anak.
Hindari pertengkaran antara suami
isteri di hadapan anak-anak, karena
bisa merusak jiwa mereka.

Berlaku adillah dalam melayani
anak-anak supaya terhindar
perasaan dengki, iri hati dan
dendam. Anak-anak yang lebih kecil
menghormati kakaknya. Kakak harus
menolong adik. Tanamkan sikap ini
pada anak, sehingga tidak ada
permusuhan dalam keluarga dan
mereka saling menyayangi.

Berikan teladan kepada anak, bukan
celaan dan kekerasan. Berikan
sikap terbaik, karena bagaimana
sikap kita terhadap anak, begitu
pulalah mereka akan bersikap
kepada kita.

Wahai isteri, berterima kasihlah atas
kebaikan suami, dengan senyuman
manis, atau kata-kata cinta, atau
maafkan kesalahan dan
kekurangannya. Rasul bersabda,
“Allah tidak akan melihat kepada
istri yang tidak tahu bersyukur
kepada suaminya dan ia tidak
merasa cukup darinya”. Nabi Saw
bersabda: “Wahai sekalian wanita
bersedekahlah karena aku melihat
mayoritas penduduk neraka adalah
kalian." Maka mereka berkata: “Ya
Rasulullah kenapa demikian?” Beliau
menjawab: “Karena kalian banyak
melaknat dan mengkufuri kebaikan
suami”.

Pergaulilah keluarga suami dan
kerabat-kerabatnya dengan baik.
Simpanlah rahasia keluarga dan
tutupilah kekurangan (aib)
suaminya. Empatilah terhadap duka
cita dan kesedihan suaminya.

Bersikaplah qana’ah, ridha dengan
apa yang diberikan suami untuknya,
baik sedikit ataupun banyak. Ia tidak
menuntut di luar kesanggupan
suaminya atau meminta sesuatu
yang tidak perlu.

Didiklah anggota keluarga hidup
sederhana, sehingga tidak boros
dalam makanan, minuman, pakaian,
perabot rumah tangga dan
sebagainya. Firman Allah SWT,
“Makan dan minumlah dan janganlah
berlebih-lebihan, sesungguhnya
Allah tidak menyukai orang-orang
yang berlebih-lebihan” (QS al-
A’raf : 31).

Kenali dan pahami suami, sehingga
tahu apa yang disukai suami dan
penuhilah, juga tahu apa yang
dibenci suami dan jauhilah. Dengan
syarat tidak dalam perkara maksiat
kepada Allah, karena tidak ada
ketaatan kepada makhluk dalam
bermaksiat kepada Al Khaliq.

Keluarga Pejuang Islam

Suami isteri menyadari bahwa
rumah tangga muslim adalah salah
satu agenda gerakan Islam.
Kehidupan rumah tangga dengan
seluruh problemnya tidak boleh
menghentikan semangat membela
Islam. Suami isteri harus saling
menguatkan, saling mengingatkan,
saling membantu menyalakan api
perjuangan. Isteri memberi
dorongan agar suami semakin
berada di garis depan barisan
pejuang. Tempalah seluruh anggota
keluarga menjadi para pejuang
Islam. Keluarga yang bahagia adalah
keluarga penegak agama Allah SWT
yang senantiasa berdoa:
Dan oran-orang yang berkata: "Ya
Tuhan kami, anugerahkanlah kepada
kami isteri-isteri kami dan
keturunan kami sebagai penyenang
hati (Kami), dan jadikanlah kami
imam bagi orang-orang yang
bertakwa. (QS. Al Furqan 74).

Wallahua’lam!

[Ummu Hafizh]

sumber; www.suara-islam.com

3 Kafarat, 3 Derajat, 3 Penyelamat, dan 3 Muhlikat

3 KAFARAT, 3 DERAJAT, 3 PENYELAMAT, DAN 3 MUHLIKAT

Anas bin Malik r.a menuturkan, bahwa Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda, " Ada tiga kafarat, tiga derajat, tiga penyelamat dan tiga muhlikat diantaranya :

3 KAFARAT (PENEBUS DOSA) adalah :

1. Menyempurnakan wudhu pada saat cuaca amat dingin,
2. Menunggu waktu-waktu sholat,
3. Dan melangkahkan kaki ke masjid untuk sholat berjama'ah.

3 DERAJAT adalah :

1. Memberi makan (orang lemah dan lapar),
2. Menebarkan salam,
3. Dan mendirikan sholat malam saat kebanyakan manusia tidur terlelap.

3 PENYELAMAT (MUNJIYAT) adalah :

1. Berlaku adil dalam keadaan marah ataupun ridha,
2. Bersika wajar dalam keadaan kaya ataupun fakir,
3. Serta takut kepada ALLAH SWT dalam keadaan sepi maupun ramai.

3 MUHLIKAT (PENGHANCUR) adalah :

1. Sifat kikir yang di taati,
2. Hawa nafsu yang diikuti,
3. Dan takjub terhadap diri sendiri.

(Al-Bazzar, Musnad Al Bazzar, 11/290)

SUBHANALLAH...

Semoga ALLAH senantiasa membimbing kita agar tetap istiqomah dalam melakukan kebaikan dan memberikan kelapangan hati kita untuk menjadikan kita pribadi yang luar biasa.
Aamiinn....Aamiin ya Rabbal'alamin.

Sumber; status fb ustadz yusuf mansyur, update hari rabu, 09 okt 2013 (19.27)

Dimana Posisimu...???

Orang-orang bijak pernah berpesan,

ما هلك عمرأ عرف قدر نفسه

"tak akan celaka orang yang kenal harkat dirinya"

Telah banyak orang binasa karena terlalu tinggi memasang harga diatas realita dirinya. Banyak yang lenyap dari peredaran karena terlalu murah menghargai dirinya dengan alasan tawadhu' atau perasaan tidak mampu dan tidak punya apa - apa. Selebihnya adalah jenis orang yang berjalan dalam tidur atau tidur sambil berjalan. Tepatnya pengigau berat. Ia tidak pernah bisa menyadari dimana posisinya, apa yang terjadi disekitarnya dan apa bahaya yang mengancam umatnya.
Marilah berjabat tangan, ayunkan langkah dengan yakin dan lengkapi kekurangan diri dengan kelebihan saudara atau sebaliknya menopang kelemahan mereka dengan kekuatan diri yang Allah amanahkan.
Banyak orang bingung mencari lahan kerja dan lahan kerja dakwah tak pernah tutup.
Dimana posisimu? Mungkin beberapa kalangan akan keberatan bila ku katakan engkau telah menyulam halaman dakwah di negeri ini dengan benang emas dan menyemaikan benih - benih berkah di lahan tandus, sehingga berubah menjadi ladang - ladang subur masa depan. Pohon keadilan, buah kemakmuran, bunga kesetaraan, ranah kesetiaan dan rumah kasih sayang. Bukan tujuanmu menciptakan iri. Ada yang begitu geram ketika hamba - hamba Allah perempuan keluar dari setiap gang dan kampus dengan jilbab mereka yang anggun dan IP mereka yang cemerlang. Sedangkan, 20 tahun yang lalu harus keluar dari sekolah negeri yang dibangun dengan uang pajak mereka sendiri. Ya, kebangkitan memang bukan hanya sisi ini, namun banyak kebaikan tersimpulkan pada aspek ini. Intinya; perubahan. Dan hari ini puncak gunung es itu telah memperlihatkan dinamika besar kebangkitan, shahwah yang penuh berkah.
Tauhid adalah sistem konstruksi terpadu yang meletakkan segalanya tepat pada tempat, peran dan kepatutannya. Intelektual adalah sistem pengapian yang tak pernah padam. Kader - kader yang selalu ikhlas berkorban adalah roda yang siap menjelajah medan - medan berat. Keulamaan adalah sistem kendalimu yang tahu kapan harus berbelok, menanjak, menurun dan menerobos hutan belantara, padang tandus serta bebatuan. Yang tak bergaeransi ialah kondisi jalan, bahkan sekalipun dengan rute yang jelas dan lurus, kendaraan yang teruji, kru yang jujur, pakar dan sabar.
Dari semua setting ini, tentukanlah dimana posisimu: penonton yang mencari hiburan, penunggu yang tak punya empati, atau pengharap kegagalan karena ada yang tak sejalan dengan persepsi mereka. Atau penuntun dan pengikut dengan pengenalan sistem navigasi yang akurat dan keyakinan yang mantap, bahwa laut tetap bergelombang dan di seberang ada pantai harapan.

(Dikutip dari berbagai tausyiah Ust. Rohmat Abdullah)

Jenis - Jenis Metode Penelitian

Metode penelitian berhubungan erat dengan prosedur, teknik, alat, serta desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian harus cocok dengan pendekatan penelitian yang dipilih. Prosedur, teknik, serta alat yang digunakan dalam penelitian harus cocok pula dengan metode penelitian yang ditetapkan

Berikut merupakan jenis - jenis metode penelitian menurut para ahli :

Menurut Winarno Suracmad dalam bukunya : Pengantar Penelitiann Ilmiah, mengatakan metode penelitian dibedakan ada tiga macam yaitu :

a) Metode Historis
Adalah penyelidikan yang mengaplikasikan metode pemecahan yang ilmia dari perspektif historik sesuatu masalah.
b) Metode Deskriptif
Adalah merumuskan dan menafsirkan data yang ada serta mengklasifikasikannya.
c) Metode Eksperiment
Adalah dengan jalan membandingkan berbagai peristiwa dimana terdapat fenomena tertentu. (Winarno Surachmad, 1995)

Menurut pendapat Mardalis adalah :
  1. Penelitian historis yaitu untuk mendiskripsikan apa yang terjadi pada masa lampau.
  2. Penelitian penjajakan (displirtatig) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari hubungan baru yang terdapat pada permasalahan yang luas dan kompleks.
  3. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menjelaskan apa yang terjadi bila variabel tertentu dikontrol atau dimanipulasi secara tertentu,. (Mardalis, 1998)
Menurut Wayan Seregeg, metode penelitian dapat dibedakan menjadi :
  1. Metode Historis yaitu metode penelitian yang berkenaan dengan masa lampau untuk mengamati perspektif masa kini.
  2. Suevey yaitu studi yang berhubungan dengan masa kini dan usaha untuk menentukan status kekinian dari suatu gejala atau fenomena yang diselidiki.
  3. Eksperimental yaitu metode yang berorientasi kearah penemuan hubungan antara beberapa fenomena sebagai alat untuk memprediksi dan mengontrol peristiwa. (Wayan Seregeg, 1997).
Saifuddin Azwar menjelaskan jenis penelitian jika dilihat dari sudut pandang dapat dibedakan menjadi :
  1. Dilihat dari pendekatan analisisnya penelitian dibedakan menjadi dua yaitu “(1) penelitian kuantitatif, dan (2) penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif cara menganalisis data-datanya berupa angka sehingga menggunakan metotde statistik, sedangkan penelitian kualitatif analisis yang digunakan menekankan pada proses penyimpulan deduktif apabila analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. 
  2. Jika dilihat dari kedalaman analisisnya jenis penelitian dapat dibedakan menjadi dua macam antara lain : “(1) penelitian deskriptif, dan (2) penelitian inferensial”. (Saifuddin Azwar, 1999)

Zaenal Arifin menjelaskan jenis penelitian jika dilihat dari tujuannya dapat dibendakan :
  1. Penelitian dasar yaitu penelitian untuk perluasan ilmu memikirkan pemanfaatan hasil.
  2. Penelitian terapan yaitu penelitian atas dasar permasalahan yang signifikan dan berkembang di masyarakat
  3. Penelitian evaluasi yaitu untuk menyediakan informasi
  4. Penelitian pengembangan yaitu mengembangkan pola pembelajaran yang sudah ada.
  5. Penelitian tindakan yaitu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh peneliti dalam rangka untuk memperbaiki kinerjanya (Zaenal Arifin, 2008)
Dari beberapa jenis penelitian diatas, secara garis besar ada 2 jenis metode penelitian, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif.

A. Metode Penelitian Kualitatif
Metode Kualitatif adalah sebuah metode yang fokus terhadap asumsi berdasarkan fakta. Sebuah penelitian kualitatif meyakini bahwa kebenaran itu dinamis, dan dapat dicari tau dengan menelaah orang - orang terkait interaksinya dengan situasi. Metode ini mendasarkan kesimpulan penelitian pada asumsi - asumsi interpretasi yang tepat mengacu pada fakta dan teori pendukung.
B. Metode Penelitian Kuantitatif
Berbeda dengan metode kualitatif, metode ini adalah bagaimana mengolah data dan hubungan antar data secara sistematis dengan mengolahnya dalam bentuk angka-angka. oleh karena itu, metode ini identik dengan angka, matematika, dan ilmu statistika.
Metode kuantitatif lazimnya digunakan dalam penelitian-penelitian dibidang ilmu alam dan ilmu pendidikan (misalnya untuk mengetahui efektivitas aplikasi sebuah metode pendidikan dalam kelas). Namun tidak sedikit penelitian di bidang ilmu sosial yang menerapkan metode ini.
Metode ini memegang kuat prinsip pembuktian hipotesis. Di awal penelitian, peneliti biasanya memiliki suatu hipotesis atau teori yang ia yakini kebenarannya. Penelitian dilakukan untuk membuktikan hipotesis tersebut benar atau salah.  Kesimpulan yang ditarik di akhir penelitian adalah penegasan bahwa hipotesis awal benar atau salah.
Contoh mudah dari aplikasi metode ini adalah survey. Dalam survey, peneliti akan menentukan jumlah sampel yang sepadan dengan jumlah keseluruhan populasi, lalu hasil survey (data penelitian) diolah dengan rumus-rumus statistika sehingga dapat disimpulkan hasil penelitiannya.(http://www.anneahira.com/metode-penelitian.htm)


DAFTAR PUSTAKA
Anneahira. "Metode Penelitian." www.anneahira.com. (Diakses Tanggal 17 September 2013)
Mardalis, 1998. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.
Saifuddin Azwar, 1999. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Wayan Seregeg, 1997. Metode Statistik untuk Penelitian Ilmiah, Surabaya: Usaha Nasional.
Winarno Surachmad, 1995. Metode Penelitian, Bandung: Tarsito.
Zaenal Arifin, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Lentera Cendekia.

Pengertian Metode Penelitian (Update)

Istilah metode penelitian terdiri atas dua kata, yaitu kata metode dan kata penelitian. Kata metode berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau menuju suatu jalan. Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subjek atau objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya[1]. Adapun pengertian penelitian adalah suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data dilakukan secara ilmiah, baik bersifat kuantitatif maupun kualitatif, eksperimental maupun non eksperimental, interaktif maupun non interaktif[2].

Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang dilakukan itu dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan. Sistematis artinya proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.[3]

Dari pengertian di atas dapat penulis simpulkan bahwa metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah dalam memecahkan masalah dengan cara sistematis yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan.

Catatan Kaki
[1] Rosady Ruslan, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2003), hal. 24
[2] Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Rosda Karya, 2005), hal. 5
[3] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2009), hal.2

Jangan Menuduh Seseorang Sebagai Fasiq Atau Kafir Tanpa Alasan Yang Benar

Seorang muslim yang terjaga lisannya dari mencaci maki, adu domba dan kata-kata keji, akan memelihara dirinya untuk tidak terperosok ke dalam larangan Allah yang lebih berbahaya, yaitu menuduh orang lain sebagai fasiq atau kafir tanpa diperkuat oleh keterangan yang benar. perbuatan demikian termasuk dosa besar, sebagaimana dinyatakan oleh Rasulullah SAW:


عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَرْمِي رَجُلٌ رَجُلًا بِالْفُسُوقِ وَلَا يَرْمِيهِ بِالْكُفْرِ إِلَّا ارْتَدَّتْ عَلَيْهِ إِنْ لَمْ يَكُنْ صَاحِبُهُ كَذَلِكَ

Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, beliau mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah seseorang itu menuduh orang lain sebagai fasiq atau kafir, sebab jika tidak benar, tuduhan itu kembali kepada dirinya " (HR Bukhari).
 
إِذَا كَفَّرَ الرَّجُلُ أَخَاهُ فَقَدْ بَاءَ بِهَا أَحَدُهُمَا


Apabila ada seseorang yang mengkafirkan saudaranya (seiman) maka salah satu dari keduanya akan tertimpa kekufuran. [HR Muslim].

أَيُّمَا امْرِئٍ قَالَ لِأَخِيهِ يَا كَافِرُ فَقَدْ بَاءَ بِهَا أَحَدُهُمَا إِنْ كَانَ كَمَا قَالَ وَإِلَّا رَجَعَتْ عَلَيْهِ

Barangsiapa yang berkata kepada saudaranya, “hai orang kafir,” maka kata itu akan menimpa salah satunya. Jika benar apa yang diucapkan (berarti orang yang dituduh menjadi kafir); jika tidak, maka tuduhan itu akan menimpa orang yang menuduh. [HR Muslim].

Orang yang salah menuduh orang lain kafir atau fasiq adalah kafir di mata Allah, sehingga Rasul menegaskan kepada kita agar tidak mengumbar kata kafir ini sembarangan. Misalnya mengatakan kafir kepada orang-orang yang tidak sepaham pada masalah yang tidak menyalahi prinsip keislaman dan keimanan.

Cara Mudah Membuat Recent Post Sesuai Label disertai Thumbnail

Cara mudah membuat Recent Post sesuai Label disertai Thumbnail, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Masuk ke Dashboard > Tata Letak > Add Gadget/Tambah Gadget
2. Pilih HTML/JavaScript
3. Masukkan Kode JavaScript berikut ini.

<script type='text/javascript'>var numposts = 5; var showpostthumbnails = true;var displaymore = false;var displayseparator = false;var showcommentnum = false;var showpostdate = false;var showpostsummary = true;var numchars = 60;</script>

<script type="text/javascript" src="/feeds/posts/default/-/
Artikel%20Islam?orderby=updated&alt=json-in-script&callback=labelthumbs"></script>


<a href="http://pustakaaslikan.blogspot.com/search/label/Artikel%20Islam" style="float:right;font:normal 11px Arial;padding:5px 0;">Lihat Artikel Islam yang lain.....  &#187;</a>

Keterangan:
  1. Angka 5 adalah jumlah post yang ingin ditampilkan, bisa diganti. Artikel%20Islam adalah nama label yang postingan yang ingin ditampilkan, ganti dengan Label yg diinginkan.
  2. %20 untuk spasi jika labelnya terdiri dari 2 kata atau lebih.
  3. http://pustakaaslikan.blogspot.com/ silahkan diganti.
  4. Lihat Artikel Islam yang lain..... ganti juga sesuai kebutuhan. misalnya "Selanjutnya dari kategori ini.....

Cara Memasang Fans Page Facebook Tersembunyi

Ada 2 Cara Memasang Fans Page Facebook Tersembunyi
Cara Pertama
1. Bukalah akun blog anda
2. Masuk Elemen Template, lalu pilih Edit Widget, slanjutnya Centang : Expand Template Widget
3. Carilah kode </head> lalu letakkan kode script di bawah ii tepat di atas kode </head>

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.6.1/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

4. Simpan tempalate blog anda.

Catatan :
Apabila template anda sudah menyediakan kode script diatas, abaikan saja. Artinya anda tidak perlu memasukkannya lagi ke dalam template blog anda. Selanjutnya ikuti cara kedua.

Cara kedua
1. Kalau cara pertama sudah selesai, maka masuklah ke Elemen Tata Letak, pilih Add Widget / Tanmah Gadget
2. Lalu pilih HTML/Jawascript
3. Selanjutnya copylah kode script di bawah ini ke dalam Widget/Gadget Baru yang anda buat.

<script type="text/javascript">
//<!--
$(document).ready(function() {$(".w2bslikebox").hover(function() {$(this).stop().animate({right: "0"}, "medium");}, function() {$(this).stop().animate({right: "-250"}, "medium");}, 500);});
//-->
</script>
<style type="text/css">
.w2bslikebox{background: url("http://2.bp.blogspot.com/-q2ffC0BYUao/US1pVQ9b3vI/AAAAAAAAATg/0Mkvc-o_Tn4/s1600/fans-page-facebook.png") no-repeat scroll left center transparent !important;display: block;float: right;height: 270px;padding: 0 5px 0 46px;width: 245px;z-index: 99999;position:fixed;right:-250px;top:20%;}
.w2bslikebox div{border:none;position:relative;display:block;}
.w2bslikebox span{bottom: 12px;font: 8px "lucida grande",tahoma,verdana,arial,sans-serif;position: absolute;right: 6px;text-align: right;z-index: 99999;}
.w2bslikebox span a{color: #808080;text-decoration:none;}
.w2bslikebox span a:hover{text-decoration:underline;}
</style><div class="w2bslikebox" style=""><div>
<iframe src="http://www.facebook.com/plugins/likebox.php?href=https://www.facebook.com/PustakaAslikan&amp;width=245&amp;colorscheme=light&amp;show_faces=true&amp;connections=9&amp;stream=false&amp;header=false&amp;height=330" scrolling="no" frameborder="0" style="border: medium none; overflow: hidden; height: 330px; width: 245px;background:#fff;"></iframe><span><a href="http://pustakaaslikan.blogspot.com/2013/09/cara-memasang-fans-page-facebook.html">Get Widget Here</a></span></div></div>

4. Simpat Widget/Gadget Baru yang anda buat tersebut.
5. Lihat hasilnya.

Catatan :
1. Gantilah tulisan https://www.facebook.com/PustakaAslikan dengan alamat / URL Halaman Facebook Anda.
2. Lihat contoh hasilnya di sebelah kanan blog ini.

Demikian tutorial kali ini mengenai Cara Memasang Fans Page Facebook Tersembunyi, semoga bermanfaat.

Do'a Untuk Kebaikan Orang Tua

Mendo'akan orang tua yang muslim merupakan kewajiban setiap mukmin. Allah SWT. berfirman, "Dan kami telah memerintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya............ Bersyukurlah kepadaKU dan kepada kedua orang tuamu........."
Rosulullah SAW. bersabda, "Ridho Allah kepadamu tergantung keridhoan orang tuamu, dan murka Allah kepadamu ditimbulkan karena murka kedua orang tuamu."
Rosulullah SAW. bersabda, "Do'akanlah orang yang telah berbuat baik kepadamu sampai kamu telah merasa membalas kebaikannya."

Mendo'akan orang tua merupakan upaya kita untuk bersyukur akan cinta kasih, kebaikan, pengorbanan, dan keikhlasan orang tua dalam membesarkan kita. Kebaikan orang tua adalah kebaikan yang tak terbalaskan. Karena itu, kita berkewajiban untuk mendo'akan mereka di setiap kesempatan selam hidup kita.

Berikut adalah do'a untuk kebaikan orang tua:

اللّهُمَّ اغْفِرْلىِ ذُنُوْبىِ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانىِ صَغِيْرًا


Artinya:
"Ya Allah....... Ampunilah segala dosa saya dan segala dosa kedua orang tua saya. Sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka berdua telah memelihara saya sejak kecil."

RPP Silabus IPA Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9

File RPP Silabus IPA Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9 ini berisikan :

(1) SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(2) Pemetaan SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(3) Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 7,8,9
(4) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) IPA Kelas 7 Semester 1-2.
(5) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) IPA Kelas 8 Semester 1-2.
(6) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) IPA Kelas 9 Semester 1-2.
(10) Program Semester (PROMES)
(11) Program Tahunan (PROTA)
(12) KKM Kriteria Ketuntasan Minimal.

File RPP Silabus IPA Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9 ini tersedia dalam format file Microsoft Office Word, jadi teman - teman bisa dengan mudah untuk mengeditnya.

Bagi teman - teman yang ingin mendownload silahkan klik link dibawah :

Link Download RPP Silabus IPA Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9


***Semoga Bermanfaat***

Jangan lupa tinggalkan komentar untuk saran dan kritik yang bersifat membangun,
Terima kasih...........
 

Faktor- Faktor Penyebab Turunnya Minat Belajar Siswa

Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar siswa menurut Syah (2003) terdiri dari dua macam yaitu :

a. Faktor Intern siswa
 
Faktor intern siswa meliputi gangguan atau kekurangmampuan psikofisik siswa, yakni :
1. Ranah Kognitif (cipta), antara lain seperti rendahnya kapasitas atau inteligensi siswa.
2. Ranah Afektif (rasa), antara lain seperti labilnya emosi dan sikap.
3. Ranah Psikomotor (karsa), antara lain seperti terganggunya alat-alat indera penglihatan dan pendengaran (mata dan telinga).

b. Faktor Ekstern siswa

Faktor Ekstern siswa meliputi semua situasi dan kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktivitas belajar siswa. Faktor ini meliputi :
1. Lingkungan keluarga, misalnya ketidak harmonisan hubungan antara ayah dengan ibu, dan rendahnya kehidupan ekonomi keluarga.
2. Lingkungan perkampungan atau masyarakat, misalnya wilayah perkampungan kumuh (slum area) dan teman sepermainan (peer group) yang nakal.
3. Lingkungan sekolah, misalnya kondisi dan letak gedung sekolah yang buruk seperti dekat pasar, kondisi guru dan alat-alat belajar yang berkualitas rendah.[1]

Sedangkan menurut mahmud (1990) yaitu :

a. Faktor internal , seperti motivasi, minat dan keyakinan

1. N.Ach (Need Of Achievement) ialah dorongan/motif untuk berprestasi. N.Ach adalah suatu motif intrinsic untuk mencapai prestasi belajar dalam hal tertentu. Dorongan yang kuat berasal dari keluarga.

2. Takut gagal

Takut gagal dengan adanya perasaan cemas sangat apabila menempuh ujian, sesuatu yang baru atau memecahkan masalah yang sulit, dapat mengganggu keberhasilan dalam berprestasi. Siswa yang merasa gugup selama menempuh ujian akan memperoleh hasil yang lebih buruk daripada siswa yang tenang dan santai.

3. Takut sukses

Apabila cukup kuat, rasa takut sukses itu dapat mendorong N.Ach seseorang dan melahirkan perasaan-perasaan negative terhadap prestasi yang baik.

b. Faktor Eksternal

Faktor situasional sangat berpengaruh terhadap prestasi, misalnya situasi lingkungan yaitu lingkungan sekolah, lingkungan suasana rumah, lingkungan sekitar dan kualitas keluarga yang sangat berpengaruh terhadap tingkat prestasi akademik.[2]

Selain faktor-faktor yang bersifat umum diatas, ada pula faktor lain yang juga menimbulkan kesulitan belajar anak didik. Faktor ini dipandang sebagai factor khusus. Misalnya sindrom psikologis berupa learning disability (ketidak mampuan belajar), sindrom berarti satuan gejala yang muncul sebagai indicator adanya keabnormalan psikis yang menimbulkan kesulitan belajar anak didik. Sindrom ini misalnya disleksia yaitu ketidak mampuan belajar membaca, disgrafia yaitu ketidak mampuan belajar menulis, diskalkulia yatu ketidak mampuan belajar matematika.

Berdasarkan penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa timbul karena adanya rasa sayang, ketertarikan pada suatu hal atau ketrampilan sehingga berdampak positif terhadap kegiatan belajar, serta keinginan atau cita-cita untuk menjadi lebih baik. Disamping minat untuk melanjutkan prestasi belajar yang baik harus ada dukungan, perhatian dan motivasi dari orang tua, guru, teman, lingkungan dalam mendukung proses belajar.

Minat seseorang berhubungan erat denga prestasinya sehingga untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi tidak cukup hanya didukung minat. Minat belajar merupakan kecenderungan yang menetap pada diri seseorang dan merasa senang pada kegiatan belajar, diikuti dengan perubahan perilaku positif pada kegiatan belajar. Minat belajar ditimbulkan karena berbagai hal antara lain karena keinginan yang kuat untuk menaikkan martabat dan memperoleh pekerjaan yang baik serta ingin hidup senang dan bahagia. Minat belajar yang besar menghasilkan prestasi yang tinggi. Sebaliknya minat belajar yang kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah.

Perasaan tidak senang akan menghambat dalam belajar karena tidak melakukan sikap yang positif dan tidak menunjang minat belajar sehingga motivasi juga sukar untuk berkembang. Kenyataannya tidak semua siswa memulai bidang studi baru karena faktor minatnya sendiri, ada yang mengembangkan pelajaran karena pengaruh gurunya, teman, atau orang tuanya. Walaupun demikian dalam jangka waktu tertentu siswa yang demikian akan mampu mengembangkan minatnya dengan segala upayanya untuk menguasai mata pelajaran tersebut sehingga siswa tersebut mampumemperoleh prestasi yang baik.

Dalam kontek itulah, yang dapat memicu turunnya minat belajar siswa serta diyakini bahwa minat mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik. Tidak banyak yang dapat diharapkan untuk menghasilkan prestasi belajar yang baik dari seorang anak yang tidak berminat untuk mempelajari sesuatu.


---------------------------------
[1] Muhibbin syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2003),12.
[2] Mahmud Yunus, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam (Jakarta : PT. Hidayah Agung, 1990), 21.

Download RPP SILABUS Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP Kelas 7,8,9

File RPP SILABUS Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP Kelas 7,8,9 ini berisikan :

(1) SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(2) Pemetaan SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(3) Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 7,8,9
(4) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Pendidikan Agama Islam Kelas 7 Semester 1-2.
(5) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Pendidikan Agama Islam 8 Semester 1-2.
(6) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Pendidikan Agama Islam 9 Semester 1-2.
(10) Program Semester (PROMES)
(11) Program Tahunan (PROTA)
(12) KKM Kriteria Ketuntasan Minimal.

File RPP SILABUS Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP Kelas 7,8,9 ini tersedia dalam format file Microsoft Office Word, jadi teman - teman bisa dengan mudah untuk mengeditnya.


Bagi teman - teman yang ingin mendownload silahkan klik link dibawah :

Link Download RPP SILABUS Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP Kelas 7,8,9


***Semoga Bermanfaat***
 
 Jangan lupa tinggalkan komentar untuk saran dan kritik yang bersifat membangun, 
Terima kasih...........
 

Cara Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Rumah

Anak merupakan harapan dan kebanggaan dari setiap orang tua sehingga dapat berhasil di sekolah dengan baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut orang tua yang bijaksana akan selalu mengikuti perkembangan serta berusaha mengetahui taraf kemampuan yang dimiliki anaknya. Berikut ini gambaran tentang cara meningkatkan semangat belajar siswa di rumah:

Mardanu (1997), mengemukakan bahwa orang tua perlu memberikan kasih sayang dan penghargaan agar dapat membentuk mental yang sehat supaya semangat belajar anak tetap ada. Kasih sayang orang tua dapat diwujudkan dalam bentuk berusaha meluangkan waktunya untuk berdialog, bergurau, berkomunikasi serta dapat memenuhi kebutuhan lainnya selain kebutuhan sekolah.

Hal terpenting adalah memberikan kasih sayang kepada anak. Terkadang anak berbuat baik, orang tua tidak memberikan reward karena hal itu dianggap biasa saja, tapi manakala sianak berbuat tidak baik, maka orang tua memberikan reaksi luar biasa dengan memberikan punisment.

Untuk memotivasi seorang anak adalah dengan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka dicintai, tanpa sebab apapun juga, ketika anak merasakan cinta dan dukungan dari orang tua mereka, mereka merasa terlindungi dan termotivasi dalam segala sesuatu yang mereka lakukan.

Jadi kasih sayang, perhatian, ataupun dukungan dalam bentuk ketenangan keluarga, keharmonisan ataupun pemberian reward sangat dibutuhkan siswa. Sehingga siswa dapat merasakan kenyamanan, terlindungi, terayomi dan termotivasi dalam melakukan pembelajaran maupun berkarya.

Setelah melihat uraian diatas dapat dipahami bahwa cara meningkatkan belajar siswa dirumah adalah dengan memberikan kasih sayang, perhatian, dukungan dalam bentuk meluangkan waktu untuk berdialog, bergurau, berkomunikasi serta dapat memenuhi kebutuhan lainnya selain kebutuhan sekolah.

-------------------------------------
Mardanu,1997. Peranan Orang Tua dalam Upaya meningkatkan Mutu Pendidikan anak, Jakarta: Cakrawala Pendidikan.

Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pembelajaran

Jika ada seorang guru yang mengatakan bahwa dia tidak ingin berhasil dalam mengajar, adalah ungkapan seorang guru yang sudah putus asa dan jauh dari kepribadian seorang guru. Mustahil setiap guru tidak ingin berhasil dalam mengajar. Apalagi jika guru itu hadir ke dalam dunia pendidikan berdasarkan tuntutan hati nurani. Panggilan jiwanya pasti merintih atas kegagalan mendidik dan membina anak didiknya.
Betapa tingginya nilai suatu keberhasilan, sampai-sampai seorang guru berusaha sekuat tenaga dan pikiran mempersiapkan program pengajarannya dengan baik dan sistematik. Namun terkadang keberhasilan yang dicita-citakan, tetapi kegagalan yang ditemui, disebabkan oleh berbagai faktor sebagai penghambatnya. Sebaliknya, jika keberhasilan itu menjadi kenyataan, maka berbagai faktor itu juga sebagai pendukungnya.
Dalam pembelajaran terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran diantaranya yaitu :

1. Tujuan
Tujuan adalah pedoman sekaligus sebagai sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Kepastian dari perjalanan proses belajar mengajar berpangkal tola dari jelas tidaknya perumusan tujuan pengajaran. Tercapainya tujuan sama halnya keberhasilan pengajaran.
Sedikit banyaknya perumusan tujuan akan mempengaruhi kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh guru, dan secara langsung guru mempengaruhi kegiatan belajar anak didik. Guru dengan sengaja menciptakan lingkungan belajar guna mencapai tujuan. Jika belajar anak didik dan kegiatan mengajar guru bertentangan, dengan sendirinya tujuan pengajaran pun gagal untuk dicapai.

2. Guru
Guru adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran. Tanpa guru bagaimanapun bagus dan idealnya suatu strategi tidak mungkin bisa diaplikasikan. Keberhasilan implementasi suatu strategi pembelajaran akan tergantung pada kepiawaian guru dalam menggunakan metode, tekhnik dan taktik pembelajaran.
Guru dalam proses pembelajaran memegang peran yang sangat penting. Guru tidak hanya berperan sebagai model atau teladan bagi siswa tetapi juga sebagai pengelola pembelajaran. Dengan demikian efektivitas proses pembelajaran terletak dipundak guru. Oleh karenanya, keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas atau kemampuan guru. Guru sangat menentukan bagi keberhasilan anak mengingat guru adalah pengajar, pembimbing dan penuntun anak.
Menurut Dunkin (1974) ada sejumlah aspek yang dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dilihat dari faktor guru diantaranya:
a. Teacher formative experience, meliputi jenis kelamin serta semua pengalaman hidup guru yang menjadi latar belakang sosial mereka. Yang termasuk aspek tersebut adalah tempat kelahiran guru termasuk suku, latar belakang budaya dan ada istiadat, keadaan kelularga dari mana guru itu berasal.
b. Teacher trining experience, meliputi pengalaman-pengalaman yang berhubungan dengan aktivitas dan latar belakang pendidikan guru misalnya pengalaman latihan profesional, tingkatan pendidikan, pengalaman jabatan.
c. Teacher properties, adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sifat yang dimiliki guru misalnya sikap guru terhadap siswa, kemampuan atau intelegensi guru, motivasi dan kemampuan dalam penguasaan materi pelajar.

3. Anak Didik (siswa)
Menurut Dunkin, faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran dilihat dari aspek siswa meliputi :
a. Latar belakang siswa (pupil formative experience) meliputi jenis kelamin siswa, tempat kelahiran, tingkat sosial ekonomi, dari keluarga bagaimana siswa berasal dll. Kepribadian mereka bermacam-macam ada yang pendiam, ada yang periang, ada yang suda bicara, ada yang kreatif, keras kepala, manja dan sebagainya.
b. Sifat yang dimiliki siswa (pupil properties) meliputi kemampuan, pengetahuan dan sikap. Tidak dapat disangkal bahwa setiap siswa memiliki kemampuan atau tingkat kecerdasan yang bervariasi. Perbedaan-perbedaan semacam itu menuntut perlakuan yang berbeda pula baik dalam penempatan atau pengelompokan siswa maupun dalam perlakuan guru dalam menyesuaikan gaya belajar. Karena itu perbedaan anak pada aspek biologis, intelektual dan psikologis tersebut dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar.
Anak didik atau siswa adalah organisme yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Perkembangan anak adalah perkembangan seluruh aspek kepribadiannya, akan tetapi jarak dan irama perkembangan masing-masing anak pada setiap aspek tidak selalu sama. Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak sama, disamping karakteristik lain yang melekat pada diri anak.

4. Sarana dan Prasarana
Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah dan lain-lain. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran misalnya jalan menuju sekolah, penerangan sekolah, kamar kecil dan lain-lain. Kelengkapan saran dan prasarana akan membantu guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran dengan demikian sarana dan prasarana merupakan komponen penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.
Terdapat beberapa keuntugan bagi sekolah yang memiliki kelengkapan sarana dan prasana. Pertama, kelengkapan sarana dan prasarana dapat menumbuhkan gairah dan motivasi guru mengajar. Mengajar dapat dilihat dari dua dimensi yaitu sebagai proses penyampaian materi pelajaran dan sebagai proses pengaturan lingkungan yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Jika mengajar dipandang sebagai proses penyampaian materi, maka dibutuhkan sarana pembelajaran berupa alat dan bahan yang dapat menyalurkan pesan secara efektif dan efisien, sedangkan manakala mengajar dipandang sebagai proses mengatur lingkungan agar siswa dapat belajar, maka dibutuhkan sarana yang berkaitan dengan berbagai sumber belajar yang dapat mendorong siswa untuk belajar. Kedua, kelengkapan saran dan prasarana dapat memberikan berbagai pilihan pada siswa untuk belajar. Setiap siswa pada dasarnya memiliki gaya belajar yang berbeda. Siswa yang auditif akan lebih mudah belajar melalui pendengar, sedangkan tipe siswa yang visual akan lebih mudah belajar melalui penglihatan.

5. Kegiatan Pembelajaran
Pola umum kegiatan pembelajaran adalah terjadinya interaksi antara guru dan anak didik dengan bahan sebagai perantaranya. Guru yang mengajar, anak didik yang belajar. Maka guru adalah orang yang menciptakan lingkungan belajar bagi kepentingan belajar anak didik.
Dalam kegiatan belajar mengajar, pendekatan yang guru ambil akan menghasilkan kegiatan anak didik yang bermacam-macam. Guru yang menggunakan pendekatan individual, misalnya berusaha memahami anak didi sebagai makhluk individual dengan segala persamaan dan perbedaannya. Guru yang menggunakan pendekatan kelompok berusaha memahami anak didik sebagai makhluk sosial, dengan tingkat keberhasilan belajar mengajar yang tidak sama pula. Perpaduan dari kedua pendekatan itu malah akan menghasilkan hasil belajar mengajar yang lebih baik.
Strategi penggunaan metode mengajar amat menentukan kualitas hasil belajar mengajar. Hasil pembelajaran yang dihasilkan dari penggunaan metode ceramah tidak sama dengan hasil pembelajaran yang dihasilkan dari penggunaan metode tanya jawab atau metode diskusi.

6. Lingkungan

Dilihat dari dimensi lingkungan ada dua faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran yaitu :
a. Faktor organisasi kelas, yang di dalamnya meliputi jumlah siswa dalam satu kelas merupakan aspek penting yang bisa mempengaruhi proses pembelajaran. Organisasi kelas yang terlalu besar akan kurang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kelompok belajar yang besar dalam satu kelas berkecenderungan :
1. Sumber daya kelompok akan bertambah luas sesuai dengan jumlah siswa, sehingga waktu yang tersedia akan semakin sempint.
2. Kelompok belajar akan kurang mampu memanfaatkan dan menggunakan semua sumber daya yang ada. Misalnya dalam penggunaan waktu diskusi. Jumlah siswa yang terlalu banyak akan memakan waktu yang banyak pula, sehingga sumbangan pikiran akan sulit didapatkan dari setiap siswa.
3. Kepuasan belajar setiap siswa akan kecenderungan menurun. Hal ini disebabkan kelompok belajar yang terlalu banyak akan mendapatkan pelayanan yang terbatas dari setiap guru, dengan kata lain perhatian guru akan semakin terpecah.
4. Perbedaan individu antara anggota akan semakin tampak, sehingga akan sukar mencapai kesepakatan. Kelompok yang terlalu besar cenderung akan terpecah ke dalam sub-sub kelompok yang saling bertentangan.
5. Anggota kelompok yang terlalu banyak berkecenderungan akan semakin banyak siswa yang terpaksa menunggu untuk sama-sama maju mempelajari materi pelajaran baru.
6. Anggota kelompok yang terlalu banyak berkecenderungan akan semakin banyak siswa yang enggan berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan kelompok.
b. Faktor iklim sosial – psikologis maksudnya, keharmonisan hubungan antara orang yang terlibat dalam proses pembelajaran. Iklim sosial ini dapat terjadi secara internal dan eksternal.
Iklim sosial – psikologis secara internal adalah hubungan antara orang yang terlibat dalam lingkungan sekolah misalnya iklim sosial antara siswa dengan siswa, antara siswa dengan guru, antara guru dengan guru bahkan antara guru dengan pimpinan sekolah.
Sekolah yang mempunyai hubungan yang baik secara internal, yang ditunjukkan oleh kerjasama antar guru, salaing menghargai dan saling membantu, maka memungkinkan iklim belajar menjadi sejut dan tenang sehingga akan berdampak pada motivasi belajar siswa. Sebaliknya, manakala hubungan tidak harmonis, iklim belajar akan penuh dengan ketegangan dan ketidaknyamanan sehingga akan mempengaruhi psikologis siswa dalam belajar.
Iklim sosial – psikologis eksternal adalah keharmonisan hubungan antara pihak sekolah dengan dunia luar, misalnya hubungan sekolah dengan orang tua siswa, hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga masyarakat dan sebagainya.
Iklim sosial yang banyak mempengaruhi kegiatan belajar ialah orang tua dan keluarga siswa itu sendiri. Sifat orang tua, praktik pengelolaan keluarga, ketegangan keluarga dan demografi keluarga (letak rumah) semuanya dapat memberi dampak baik ataupun buruk terhadap kegiatan belajar dan hasil yang dicapai oleh siswa.

7. Bahan dan Alat Evaluasi
Bahan evaluasi adalah suatu bahan yang terdapat di dalam kurikulum yang sudah dipelajari oleh anak didik guna kepentingan ulangan. Biasanya bahan pelajaran itu sudah dikemas dalam bentuk buku paket untuk dikonsumsi oleh anak didi. Setiap anak didik dan guru wajib mempunyai buku paket tersebut guna kepentingan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Bila tiba masa ulangan, semua bahan yang telah diprogramkan dan harus selesai dalam jangka waktu tertentu dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan item-item soal evaluasi. Gurulah yang membuat dengan perencanaan yang sistematis dan dengan menggunakan alat evaluasi. Alat-alat evaluasi yang umumnya digunakan tidak hanya benar-salah (true – false) dan pilihan ganda (multiple choise) tapi juga menjodohkan (matching), melengkapi (completion) dan essay.
Masing-masing alat evaluasi mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Benar – salah ( B – S) dan pilihan ganda adalah bagian dari tes objetif. Maksdunya, objektive dalam hal pengoreksian, tapi belum tentu objektif dalam jawaban yang dilakukan oleh anak-anak didik. Karena sifat alat ini mengharuskan anak didik memilih jawaban yang sudah disediakan dan tidak ada alternatif lain diluar dari alternatif itu, maka bila anak didik tidak dapat menjawabnya, cenderung melakukan tindakan spekulasi pengambilan sikap untung-untungan ketimbang tidak bisa.
Alat test dalam bentuk essaya dapat mengurangi sikap dan tindakan spekulasi pada anak didik. Sebab test ini hanya dapat dijawab bila anak didik betul-betul menguasai bahan pelajaran dengan baik. Bila tidak, kemungkinan besar anak didik tidak dapat menjawabnya dengan baik dan benar. Kelemahan alat test ini adalah dari segi pembuatan item soal tidak semua bahan pelajaran dalam satu semester dapat tertampung untuk disuguhkan kepada anak didik pada waktu ulangan. Essay memang alat test yang tidak objektif, karena dalam penilaiannya, kalaupun ada standar penilaian, masih terpengaruh dengan selera guru. Apalagi bila tulisan anak didik tidak mudah terbaca, kejengkelan hati segera muncul dan pemberian nilai tanpa pemeriksaanpun dilakukan.
Berbagai permasalahan yang telah dikemukaan tersebut mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar. Validitas dan reliabilitas data dari hasil evaluasi itulah yang mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar. Bila alat tes itu tidak valid dan tidak reliable, maka tidak dapat dipercaya untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar mengajar.

8. Suasana Evaluasi
Pelaksanaan evaluasi biasanya dilaksanakan di dalam kelas. Semua anak didik dibagi menurut kelas masing-masing dan tingkatan masing-masing. Besar kecilnya jumlah anak didik yang dikumpulkan di dalam kelas akan mempengaruhi suasa kelas. Sekaligus mempengaruhi suasana evaluasi yang dilaksanakan. Sistem silang adalah tekhnik lain dari kegiatan mengelompokkan anak didik dalam rangka evaluasi. Sistem ini dimaksudkan untuk mendapatkan data hasil evaluasi yang benar-benar objektif.
Karena sikap mental anak didik belum semuanya siap untuk berlaku jujur, maka dihadirkanlah satu atau dua orang pengawas atau guru yang ditugaskan untuk mengawasinyak. Selama pelaksanaan evaluasi, selama itu juga seorang pengawas mengamati semua sikap, gerak gerik yang dilakukan oleh anak didik.
Sikap yang merugikan pelaksanaan evaluasi dari seorang pengawas adalah membiarkan anak didik melakukan hubungan kerja sama diantara anak didik. Pengawas seolah-olah tidak mau tau apa yang dilakukan oleh anak didik selama ulangan. Lebih merugikan lagi adalah sikap pengawas yang sengaja menyuruh anak didik membuka buku atau catatan untuk mengatasi ketidakberdayaan anak didik dalam menjawab item-item soal. Dengan dalih, karena koreksinya sistem silang, malu kebodohan anak didik diketahui oleh sekolah lain.
Suasana evaluasi yang demikian tentu saja, disadari atau tidak, merugikan anak didik untuk bersikap jujur dengan sungguh-sungguh belajar di rumah dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan. Anak didik merasa diperlakukan secara tidak adil, mereka tentu kecewa, mereka sedih, mereka berontak dalam hati, mengapa harus terjadi suasana evaluasi yang kurang enak dipandang mata. Dimanakah penghargaan pengawas atas jerih payahnya belajar selama ini.
Dampak dikemudian hari dari sikap pengawas yang demikian, adalah mengakibatkan anak didik kemungkinan besar malas belajar dan kurang memperhatikan penjelasan ketika belajar mengajar berlangsung. Hal inilah yang seharusnya tidak boleh terjadi pada diri anak didik. Inilah dampak yang merugikan terhadap kualitas pembelajaran.


DAFTAR PUSTAKA 
Sanjaya, Wina, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana.
Syah, Muhibbin,2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta. Sholihin, Muchlis, 2006. Psikologi Belajar PAI. Pamekasan : Stain Pamekasan Press.
Muhaimin, 2002. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kurikulum 2013 Berjalan Efektif 19 Agustus

Kurikulum 2013 Berjalan Efektif 19 Agustus

Jakarta—Kurikulum 2013 telah diterapkan mulai Tahun Pelajaran Baru 2013/2014 pada 15 Juli lalu. Namun, pelaksanaannya baru akan efektif berjalan pada 19 Agustus mendatang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, hal ini disebabkan ada sejumlah daerah yang selama bulan puasa sekolahnya libur total.

“Ada sekolah yang tidak memberikan materi pelajaran reguler, tetapi materi pembentukan karakter. Misalnya di Provinsi Gorontalo,” katanya saat memberikan keterangan pers di ruang kerjanya, Kemdikbud, Jakarta, Selasa (15/8/2013).

Mendikbud mengatakan, setelah satu bulan pelaksanaan Kurikulum 2013 akan dilakukan monitoring dan evaluasi (monev). Kegiatan monev, kata Mendikbud, akan dilakukan pada akhir bulan Agustus atau awal September. “Monev yang dilakukan bukan sampling, tetapi sensus. Setiap sekolah sasaran akan dilihat,” jelasnya.

Mendikbud menjelaskan, aspek pertama yang akan dilihat selama monev adalah terkait materi atau bahan ajar. Kegiatan monev akan melibatkan guru, peserta didik, kepala sekolah, pengawas, komite sekolah, dan orang tua. “Mereka diminta tanggapan dan kesan terhadap buku. Hal ini diperlukan sebab buku ini akan digunakan sebagai acuan buku pada semester 2, yang saat ini sedang disusun,” katanya.

Aspek lainnya, lanjut Mendikbud, adalah guru. Akan dilihat rapor guru mulai saat pelatihan nasional guru inti hingga guru sasaran. Tujuannya adalah ingin diketahui nilainya sebelum dilatih dan sesudah dilatih. “Kalau nilainya rendah akan dicek di lapangan sebagai proses pendampingan,” katanya.

Menurut Mendikbud, proses pendampingan memang tidak dilakukan dari awal. Alasannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada guru melakukan kegiatan proses belajar mengajar.

Selain dinilai terhadap penguasaan materi dan metodologi mengajar, para guru juga akan dinilai kemampuannya dalam melakukan evaluasi. Jika sebelumnya penilaian menggunakan sistem numerik, sekarang dengan sistem deskriptif.

“Bisa jadi guru mengalami kesulitan dalam menilai. Oleh karena itu, diberikan pendampingan dalam melakukan evaluasi,” kata Menteri Nuh.

Kegiatan pendampingan melibatkan unsur dari instruktur nasional, guru inti, lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK), serta mahasiswa S2 dan S3 yang memahami konsep kurikulum. Hasil evaluasi akan digunakan untuk perencanaan implementasi Tahun Pelajaran 2014/2015.(ASW)

Cara Memperbaiki Komponen yang Korup di Windows 8 dengan Fitur DISM – Opsi I

Cara Memperbaiki Komponen yang Korup di Windows 8 dengan Fitur DISM – Opsi I

Salah satu tool yang paling sering digunakan untuk memperbaiki file yang korup di Windows Vista, 7 dan Server 2008 adalah System Update and Readiness Tool atau biasa disebut ChekSUR. Tool ini menjadi pilihan utama dan paling akurat untuk melihat sebarapa buruk korup yang terjadi di media penyimpanan dan juga kemampuan untuk memperbaiki bagian yang korup tersebut dengan baik.



Di Windows 8, semua tool tersebut sudah dirubah dan bukan lagi menjadi aplikasi terpisah. Microsoft secara cerdas membawa kemampuan ChekSUR di dalam sistem operasi Windows sehingga dapat bekerja secara otomatis dan diam-diam memperbaiki sistem yang korup. Cara manual untuk menggunakan tool ini adalah dengan DISM atau Deployment Imaging and Servicing Management.

Nah saya akan tunjukkan cara menggunakan tool DISM guna memperbaiki memori atau sistem yang korup di komputer Anda.
Pertama jalankah Elevated Command Promp, caranya klik kanan pada shortcut Command Prompt dan klik Run as Administrator.
Kemudian Anda pilih salah satu atau mau coba ketiganya tidak masalah, copy dan paste atau ketik kode perintah di bawah ke Command Prompt dan tekan enter.


Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

CheckHealth: Perintah untuk melakukan pengecekan kesehatan sistem dan disk
ScanHealth: Perintah untuk melakukan pemindaian dan penyimpanan sebagai catatan log
RestroreHealth: Perintah untuk melakukan pengembalian file dan sistem yang korup
Sekarang kita coba cek kesehatan sistem, ketikkan Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth dan tekan Enter.


Kedua kita coba dokumentasikan catatan file yang korup, ketikkan perintah Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth lalu tekan Enter.


Dan terakhir adalah sesi yang paling penting, ketikkan kode perintah Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth lalu tekan Enter untuk memulai proses perbaikan. Anda akan membaca pesan The Operation complete successfully di layar Command Prompt jika seluruh proses perbaikan sudah selesai dilakukan dengan sempurna.



Itu tadi cara memperbaiki disk dan sistem yang korup dengan menggunakan fitur DISM secara manual, Anda tidak harus melakukan ketiga langkah di atas, tapi bila memang ingin cepat Anda wajib menjalankan kode perintah Restorehealth karena proses ini adalah proses yang paling krusial. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.


Sumber: http://blog.fastncheap.com/cara-memperbaiki-komponen-yang-korup-di-windows-8-dengan-fitur-dism-opsi-i/#ixzz2brWiKhef

Download Silabus RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9

Menindak lanjuti komentar teman - teman di facebook yang mintak Silabus RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9, Alhamdulillah siang ini Blog Pustaka Aslikan bisa memenuhi permintaan dari teman-teman. Tapi sebelumnya saya mintak ma'af karena kesibukan yang padat jadi baru hari ini saya bisa posting Silabus RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9.

File Silabus RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9 ini berisikan :

(1) SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(2) Pemetaan SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(3) Silabus Bahasa Inggris Kelas 7,8,9
(4) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 1-2.
(5) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1-2.
(6) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1-2.
(10) Program Semester (PROMES)
(11) Program Tahunan (PROTA)
(12) KKM Kriteria Ketuntasan Minimal.

File Silabus RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9 ini tersedia dalam format file Microsoft Office Word, jadi teman - teman bisa dengan mudah untuk mengeditnya.

Bagi teman - teman yang ingin mendownload silahkan klik link dibawah :

Link Download Silabus RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP/MTs Kelas 7,8,9


***Semoga Bermanfaat***

Cara Mudah Membuat Cover Facebook yang Cantik dan Menarik

Tips Cara Mudah Membuat Cover Facebook yang Cantik dan Menarik
Walaupun bukan sebuah keharusan tetapi memiliki cover timeline Facebook yang menarik menjadi daya tarik tersendiri apalagi jika beberapa teman Anda suka sekali usil dan mengomentari tampilan Faceook Anda yang asal asalan. Bukan hanya tidak menyenangkan, tetapi memang kenyataan itu pahit, memang benar adanya tampilan cover Timeline sering menjadi sasaran ejekan teman di Facebook. Saya sendiri pernah mengalami hal tak mengenakkan seperti itu.
Cara Membuat Facebook Cover Cantik dan Menarik
Kalau sudah begitu mau tak mau kita harus mengikuti jaman, tapi Anda tidak perlu bersusah payah seperti saya yang pontang-panting cari aplikasi untuk edit cover Facebook, karena sekarang Anda bisa menggunakan sebuah situs bernama CoverBud Designer. Di situs ini Anda dapat dengan mudah membuat cover time Facebook dengan memanfaatkan gambar dan album akun Facebook Anda. Saya akan coba memberikan panduan singkatnya untuk Anda.
  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs ini http://coverbud.com
  • Klik tombol Login with Facebook.
  • Berikan otorisasi akses Facebook ke aplikasi ini.
Design Facebook Cover Yang Menarik
  • Kemudian pilih salah satu template di halaman depan situs tersebut dan klik menu Customize.
Custom Facebook Cover
  • Sistem situs akan meminta otorisasi sekali lagi, klik saja Authorize App – OK.
CoverBud untuk Membuat Facebook Cover
  • Kemudian klik Next dan Anda akan dibawa ke halaman Background di mana Anda dapat memilhi background untuk cover Anda. Pilih salah satu dan klik Next.
Tutorial Membuat Facebook Cover
  • Di halaman Photos ini Anda dapat memilih foto untuk cover Anda, pilih saja salah satu yang paling Anda sukai dan klik tombol Next untuk melanjutkan.
Cara Membuat Facebook Cover Menggunakan CoverBud
  • Di halaman TEXT Anda dapat memilih gaya dan menambahkan beberapa kata sebagai pelengkap cover jika sudah selesai klik tombol PUBLISH.
Ingin Facebook Cover Cantik dan Menarik? Di Sini Tempatnya
  • Ini dia tampilan preview cover Anda, jika dirasa sudah yakin dan percaya diri klik menu Apply Cover on Facebook.
Facebook Cover dengan Tampilan Sesuai Keinginan
  • Dan inilah tampilan akhir cover setelah berhasil dipasang di timeline Facebok secara live.
Cara Membuat Facebook Cover Yang Cantik dan Menarik
Langkahnya lumayan panjang tapi yakinlah secara keseluruhan tidak sulit, yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk yang saya berikan. Silahkan dicoba seperti di atas ya.
Dengan ini anda bisa membuat tampilan facebook cover menjadi lebih cantik dan menarik untuk dilihat. Cobalah beberapa kali langkah-langkah di atas sampai anda menemukan tampilan cover yang paling pantas untuk anda.

Sumber : http://blog.fastncheap.com/cara-mudah-membuat-cover-facebook-yang-cantik-dan-menarik/

Cara Mengatasi Masalah Komputer Windows 7 yang Tak Mau Hidup Setelah Mode Sleep

Tips Cara Mengatasi Masalah Komputer Windows 7 yang Tak Mau Hidup Setelah Mode Sleep

Komputer merupakan sebuah sistem yang kompleks, ada banyak sistem yang mendukung agar komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya. Usia pemakaian dan perawatan menjadi dua kunci utama daya tahan dan usia pakai komputer, tanpa perawatan yang baik komputer akan cepat usang dan lamban.



Cukup banyak pengguna yang mengalami masalah ini, terutama pengguna PC atau desktop. Penyebab utama masalah ini adalah fitur opsi Hybrid Sleep yang memang mengatur proses Sleep namun meletakkan operasi pada mode Hibernate sehingga menyebabkan hilangnya power komputer. Cara mengatasinya cukup mudah, ikuti langkah di bawah ini dan masalah Anda akan selesai.

Untuk mengatasi masalah ini tidak diperlukan aplikasi tambahan, yang pertama kita lakukan adalah melakukan sedikit modifikasi power option melalui Control Panel. Untuk lebih jelasnya, saya akan jabarkan dengan menggunakan gambar.
Pertama buka Control Panel – Power Options.


Pilih plan apapun, klik Change plan settings.


Pastikan Anda mengatur mode Sleep ke Never. Kemudian klik Change advance power settings.


Temukan pilih Allow hybrid sleep kemudian rubah ke posisi Off. Kemudian klik Apply dan tombol OK.



Sekarang coba rubah komputer ke mode sleep dan hidupkan kembali komputer ke mode on, komputer Anda segera terbebas dari masalah. Dengan begini anda tidak perlu khawatir lagi dengan Windows yang anda gunakan karena semua bisa diatasi dengan langkah mudah dan cepat.

Sumber: http://blog.fastncheap.com/cara-mengatasi-masalah-komputer-windows-7-yang-tak-mau-hidup-setelah-mode-sleep/#ixzz2b1efyGwy

Download Buku Pegangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4

Buku Pegangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4



Judul Buku : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Untuk Kelas : 4
Pengarang : Faesal Ghozaly, Buchori Ismail, Hanjaeli, dan Andy
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
Tahun : 2013
Link Download  : Download Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4

Download Buku Pegangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti


Buku Pegangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti


Judul Buku : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Untuk Kelas : 7
Pengarang : Mustahdi dan Sumiyati
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
Tahun : 2013
Link Download  : Download Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7

Ikhtisar
Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 berisi tentang pengembangan pengetahuan nilai-nilai sikap dan keterampilan keagamaan yang mendorong pada pengamalan ajaran Islam yang meliputi:
1) Pemahaman terhadap kandungan surah ar-Rahman/55: 33, surah al-Mujadalah/58, surah an-Nisa/4: 146 , surah al-Baqarah/2: 153, dan surah ali-Imran/3: 134 ; 2) Pemahaman makna dan hikmah al-asma’ul husna: al-‘Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir serta Pemahaman makna dan hikmah beriman kepada malaikat Allah 3) Nilai akhlak dan budi pekerti yang meliputi; jujur, hormat kepada orang tua, amanah, istiqamah, empati, semangat mencari ilmu; 4) Pemahaman
terhadap ketentuan thaharah dan hikmahnya serta pemahaman terhadap ketentuan shalat berjamaah dan hikmahnya juga pemahaman tentang shalat jamak dan qashar; 5) Pemahaman tentang hikmah dakwah Rasulullah periode Mekah dan Madinah

Download Contoh Silabus Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6

Alhamdulillah pagi ini blog Pustaka Aslikan bisa share Contoh Silabus Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 yang mana pada tahun ajaran baru Juli 2013 kurikulum 2013 siap diterapkan pada sekolah-sekolah yang mendapat prioritas untuk penerapan kurikulum 2013 dan serentak diseluruh sekolah di Indonesia.
Pada kurikulum 2013 untuk SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas1

Tema 1 : Diri Sendiri : Jujur, Tertib Dan Bersih
Tema 2 : Kegemaranku
Tema 3: Kegiatanku
Tema 4: Keluargaku
Tema 5: Pengalamanku
Tema 6: Lingkungan Bersih dan Sehat
Tema 7: Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitarku
Tema 8: Peristiwa Alam

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 2
Tema 1: Hidup Rukun
Tema 2: Bermain di Lingkunganku
Tema 3: Tugas Sehari-hari
Tema 4: Aku dan Sekolahku
Tema 5: Hidup Sehat dan Bersih
Tema 6: Air Bumi dan Matahari
Tema 7: Merawat Hewan dan Tumbuhan
Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3
Tema 1: Sayangi Hewan dan Tumbuhan
Tema 2: Pengalaman yang Mengesankan
Tema 3: Mengenal Cuaca dan Musim
Tema 4: Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul
Tema 5: Mari Bermain dan Berolahraga
Tema 6: Indahnya Persahabatan
Tema 7: Mari Kita Berhemat untuk Masa Depan
Tema 8: Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari
Tema 9: Menjaga Kelestarian Lingkungan

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 4
Tema 1: Indahnya Kebersamaan
Tema 2: Selalu Berhemat Energi
Tema 3: Peduli terhadap Makhluk Hidup
Tema 4: Berbagai Pekerjaan
Tema 5: Menghargai Jasa Pahlawan
Tema 6: Indahnya Negeriku
Tema 7: Cita-citaku
Tema 8: Daerah Tempat Tinggalku
Tema 9: Makanan Sehat dan Bergizi

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 5
Tema 1: Bermain dengan Benda-benda di Sekitarnya
Tema 2: Peristiwa Dalam Kehidupan
Tema 3: Hidup Rukun
Tema 4: BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA
Tema 5: SEHAT ITU PENTING

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 6
Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup
Tema 2: Bhinneka Tunggal Ika
Tema 3: Tokoh dan Penemu
Tema 4: Globalisasi
Tema 5: Wirausaha
Tema 5: Kesehatan Masyarakat

Untuk download file Silabus Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 lengkap sesuai tema di atas silahkan Klik Link di bawah :

Download Contoh Silabus Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6

Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh guru di Indonesia, semoga bermanfaat.....!!!

Download Contoh Silabus RPP IPA Kurikulum 2013 Untuk SMP

Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.
Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.
Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 merupakan bagian dari melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.

Untuk melihat bagaimana model Silabus RPP IPA Kurikulum 2013 Untuk SMP silahkan klik link dibawah untuk mendownload.

Download Silabus RPP Aqidah Akhlak Berkarakter MI Kelas 1,2,3,4,5,6

File Silabus RPP Aqidah Akhlak Berkarakter MI Kelas 1,2,3,4,5,6 ini berisikan :

(1) SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(2) Pemetaan SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(3) Silabus Aqidah Akhlaq Kelas 1,2,3,4,5,6
(4) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Aqidah Akhlak Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1-2.
(5) Program Semester (PROMES)
(6) Program Tahunan (PROTA)
(7) KKM Kriteria Ketuntasan Minimal.

File Silabus RPP Aqidah Akhlak Berkarakter MI Kelas 1,2,3,4,5,6 ini tersedia dalam format file Microsoft Office Word, jadi anda bisa dengan mudah untuk mengeditnya. File ini bisa anda dapatka dengan GRATIS di blog Pustaka Aslikan.
Sekali Download anda langsung bisa mendapatkan semua file Silabus RPP Aqidah Akhlak Berkarakter MI Kelas 1,2,3,4,5,6 tanpa harus download satu persatu filenya.

Bagi teman - teman yang ingin mendownload silahkan klik link dibawah :


Download Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7,8,9

Link Download Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7,8,9 berisikan :

(1) SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(2) Pemetaan SK dan KD (SKKD) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
(3) Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9
(4) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) BINA Kelas 7 Semester 1-2.
(5) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) BINA Kelas 8 Semester 1-2.
(6) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) BINA Kelas 9 Semester 1-2.
(7) Program Semester (PROMES)
(8) Program Tahunan (PROTA)
(9) KKM Kriteria Ketuntasan Minimal.

Bagi teman-teman yang ingin mendownloadnya silahkan klik link dibawah, dijamin 100% GRATiiiiSS....


Semoga membawah manfaat.............!!!!!!

Wasiat Ibu Untuk Anaknya

Setelah Al Haris bin Amr (raja negeri Kanda) menikah dengan anak perempuan 'Auf bin Muhlim Asyaibani, diwaktu utusan di raja hendak membawa pengantin perempuan untuk disampaikan kepada Raja tadi, maka ibunya berwasiat kepada anak perempuannya ini. Dia berkata :

Wahai anakku!
Kalaulah wasiat ini
Untuk kesempurnaan adabmu
Aku percaya kau telah mewarisi segala-galanya,
Tetapi!
Ia sebagai peringatan yang lalai
Dan pedoman kepada yang berakal.

Andai ibu bapakmu dapat memberikan segala-galanya niscaya,
Tidak perlu bagimu seorang suami
Dan kau terlalu berharga bagi kami,
Tetapi !
Wanita dicipta untuk lelaki
Lelaki dicipta untuk wanita.

Bercerailah engkau dari ayunan buaianmu
Meninggalkan teratak tempat besarmu
Melangkah menuju ke alam baru
Yang belum kau kenal
Yang belum kau biasa

Kau milik suamimu
Anggap dirimu sebagai hamba
Tentunya suamimu jadi teman yang paling setia

Bawalah wasiat dariku
Sepuluh sifat
Sebagai bekal perjalanan
Menuju alam bahagia

Relakan hatimu
Sekedar yang ada
Semoga suci hatimu
Dengan taat setia
Dan hulur tanganmu
Tanda mau bergandeng bahu

Jauhkan dirimu dari segala yang jelek
Yang dipandang mata
Juga awasi gerak lakumu
Agar tidak sumbang mengguris rasa
Sembunyikan suram wajahmu
Gantikan ia dengan sinar

Secerah sang surya pagi
Dan badan yang semerbak harum
Bermandikan bauan
Mata berpasak, kening bercelak
Itu menambah seri
Itu membangkitkan birahi
Dan.................................
Air cukup memadah
Bagi yang tiada

Jaga masa makannya
Juga waktu tidurnya
Karena,
Perut kosong hilang bicara
Mata mengantukhilang kesabaran di dada

Kunci mulutmu
Tabahkan hatimu
Badanmu terselamat
Jiwa temanmu tidak tersiksa

Simpan dulu kerianganmu
Di kala dia berduka
Pendamkan kesedihanmu
Di kala dia bergembira
Akibat aksi tidak senada
Hilang simpatimu disebab pertama
Keruh suasana disebab kedua

Hulur tanganmu.....................
Andai kau menghulur sebelah tangan
Niscaya dia menghulur kedua belah tangan
Tidak cukup tangan, nyiru pula ditadahkan

Ketahuilah!
Kasihmu tidak sampai kemana
Jika hatimu berdua tidak sejiwa
Kasih kau, kasihlah dia
Benci kau, bencilah dia
Allah saja yang menentukan nasibmu."

"Kau bawalah wasiatku ini, dan sampaikan salamku kepada suamimu." Beginilah ibu tadi menambah pesan kepada anaknya. Seterusnya wanita ini telah tercapai kedudukan yang mulia di sisi suaminya. Dia telah memperoleh tujuh orang anak lelaki, yang kesemua mereka telah menjadi pemerintah negeri Yaman selepas ayah mereka. Beginilah seterusnya status wanita-wanita yang. Memiliki kelebihan.

Aku sudahi dengan nama Allah, semoga Dia memberi taufiq dah hidayah.