Hindari Mengeluh..!!! Manusia dan Medsos Bukan Tempat Mengeluh, Lalu Kepada Siapa Kita Mengeluh...???

Kita semua pasti pernah mempunyai masalah dalam kehidupan. Ada kalanya kita merasakan bahagia dan senang, ada kalanya kita merasakan sedih dan pilu. Hal ini adalah sunnatullah.

Hikmah Sholat

Shalat sebagai Rukun Islam ke dua sarat dengan makna dan hikmah yang terkait dengan aktivitas keseharian dalam kehidupan. Diantara hikmah shalat yaitu:

BERKAH MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Kita memperingati kelahiran Nabi, kita akan mendapatkan empat perkara.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

"SELAMAT DATANG DI BLOG PUSTAKA ASLIKAN, SEMOGA BERMANFAAT"

Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 6 - Kolaborasi & Dampak - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 6 - Kolaborasi & Dampak - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi




1. Pembelajaran secara kolaboratif memungkinkan banyak memberikan nilai tambah baik bagi siswa maupun bagi guru. Berikut yang bukan dari manfaat pembelajaran secara kolaboratif adalah:
A. Siswa mendapatkan pengalaman bekerjasama bukan hanya dengan sesama teman sekelasnya, namun dengan siswa lain yang sebelumnya belum mereka kenal
B. Interaksi antar siswa yang baru mereka kenal menjadi terarah karena mengikuti program yang sudah direncanakan oleh guru
C. Kegiatan yang bersifat kolaboratif biasanya akan mendorong motivasi dan semangat kompetitif dalam arti positif bagi siswa
D. Siswa mendapatkan pengalaman bekerjasama hanya dengan teman sekelasnya saja

2. Inisiatif pembelajaran kolaboratif berbasis internet sudah diujicobakan pada tahun
A. 2005-2006
B. 2007-2008
C. 2010-2011
D. 2015-2016

3. Berikut adalah Keunggulan dengan penerapan pembelajaran kolaboratif kecuali:
A. Prestasi belajar lebih tinggi
B. Mengembangkan keterampilan kepemimpinan
C. Tidak merasa saling memiliki
D. Meningkatkan sikap positif; belajar secara inklusi

4. Model Pembelajaran Kolaboratif, antara lain yang disebutkan oleh Suryani (2010):
A. Learning Independent
B. Team Game Tournament
C. Individual Investigation
D. Student Individual Achievement Division

5. Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu dari 4 keterampilan abad 21 yang dirumuskan UNESCO, yang dikenal dengan sebutan 4C. Berikut adalah yang dimaksud dengan 4C, kecuali:
A. Communication
B. Creativity
C. Collaboration
D. Competency

6. Keterampilan berpikir untuk memecahkan masalah atau mengambil keputusan terhadap permasalahan yang dihadapi adalah definisi dari
A. Communication
B. Creativity
C. Critical Thinking
D. Collaboration

7. Berikut adalah keunggulan penerapan model pembelajaran kolaboratif:
A. Meningkatkan harga diri
B. Belajar secara inklusif
C. Mengembangkan keterampilan masa depan
D. Benar semua

8. Kolaborasi dapat diklasifikasi pada tiga ranah, kecuali:
A. Kolaborasi sebagai prinsip
B. Kolaborasi sebagai Kompetensi
C. Kolaborasi sebagai aksi atau implementasi
D. Kolaborasi sebagai model pembelajaran

9. Pembelajaran kolaborasi merupakan suatu hubungan antar siswa yang menumbuhkan sikap berikut, kecuali:
A. Saling ketergantungan secara positif
B. Menunjukkan sikap taggungjawab setiap individu
C. Individu yang tidak peduli dengan yang lain
D. Keterampilan komunikasi interpersonal

10. Berikut yang bukan termasuk merupakan model-model Pembelajaran Kolaboratif, adalah:
A. Team Accelerated Instruction
B. Individual Investigation
C. Cooperative Learning Structure

Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi




Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Kuis ini terdiri 20 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. Silakan jawab pertanyaan ini.


1. Pembelajaran campuran adalah campuran antara
  • Daring dan luring
  • Tatap muka dan jarak jauh
  • Ceramah dan tanya jawab
  • Sinkron dan asinkron
2. Pembelajaran campuran merupakan terobosan pada bidang:
  • Teknologi canggih
  • Teknologi & pedagogi
  • Pendidikan dasar
  • Teknologi & informasi
3. Dampak pembelajaran campuran terhadap guru adalah:
  • Perubahan peran guru
  • Penghapusan peran guru
  • Tidak ada dampak apa pun
  • Guru digantikan teknologi
4. Pembelajaran campuran mempunyai 4 ciri yaitu:
  • Teknologi, pedagogi, informasi, rekreasi
  • Pedagogi, teknologi, tatap muka, jarak jauh
  • Tatap muka, jarak jauh, tata ruang, tata informasi
  • Sinkron, asinkron, integrasi, merdeka belajar
5. Pembelajaran campuran menjadi solusi pada masa pandemi COVID-19 karena:
  • Penggunaan teknologi pembelajaran yang canggih
  • Berpotensi mengoptimalkan proses pembelajaran
  • Fleksibel menyesuaikan tantangan masa pandemi
  • Membantu guru menggunakan teknologi
6. Ciri utama dari pembelajaran sinkron adalah:
  • Kehadiran murid dan guru secara bersamaan
  • Memastikan guru dan murid hadir tatap muka
  • Penggunaan teknologi yang minimal mungkin
  • Penggunaan ruang kelas secara optimal
7. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran sinkron adalah:
  • Penguasaan Materi
  • Tugas Kontekstual
  • Proyek Kolaborasi
  • Pemberian Umpan Balik
8. Kelebihan pembelajaran sinkron adalah
  • Fleksibilitas jadwal. Murid bisa mengatur jadwal belajarnya secara mandiri.
  • Antusiasme belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
  • Tempo tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
  • Umpan balik instan. Murid bisa mendapatkan umpan balik secara instan, tidak menunggu respon guru.
9. Kelemahan pembelajaran sinkron adalah
  • Perasaan terisolasi. Murid berpotensi merasa sendirian dan terasing dari lingkungan sekitar.
  • Tempo tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
  • Penurunan antusiasme. Murid mungkin mengalami kehilangan semangat belajar.
  • Kualitas bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
10. Guru Agus ingin memahami kebutuhan belajar murid melalui interaksi dengan para muridnya. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Agus?
  • Sinkron daring
  • Asinkron daring
  • Asinkron luring
  • Sinkron luring
11. Ciri utama pembelajaran asinkron adalah
  • Memastikan guru dan murid menggunakan teknologi
  • Penggunaan teknologi secara optimal untuk pembelajaran
  • Interaksi antara guru dan murid yang manusiawi
  • Murid belajar mandiri tanpa tergantung kehadiran guru
12. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran asinkron adalah:
  • Praktik
  • Diskusi kelompok
  • Umpan Balik
  • Tugas Kontekstual
13. Kelebihan pembelajaran asinkron adalah
  • Aktivitas belajar interaktif. Guru bisa melakukan komunikasi interaktif dengan murid.
  • Antusiasme belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
  • Umpan balik sesuai kebutuhan. Guru bisa melakukan personalisasi umpan balik sesuai kompetensi murid.
  • Tempo tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
14. Kelemahan pembelajaran asinkron adalah
  • Kualitas bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
  • Jadwal yang kaku. Satu jadwal yang sama untuk semua murid.
  • Tempo tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
  • Kehadiran dan kualitas guru. Ketergantungan pada kehadiran dan kualitas guru.
15. Guru Dila ingin muridnya belajar mandiri dengan mengenali dan menyelesaikan persoalan di sekitar pasar dekat sekolah mereka. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Dila?
  • Sinkron daring
  • Asinkron daring
  • Asinkron luring
  • Sinkron luring
16. Dalam merancang pembelajaran campuran, berapa komposisi yang tepat antara pembelajaran sinkron dan asinkron?
  • Lebih efektif pembelajaran sinkron lebih banyak
  • Lebih efektif pembelajaran sinkron lebih sedikit
  • Lebih optimal pembelajaran asinkron lebih sedikit
  • Lebih optimal pembelajaran sinkron lebih banyak
17. Apabila materi pelajaran bisa ditampilkan melalui infografik, podcast atau video, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
  • Sinkron
  • Asinkron
  • Campuran
  • Terpadu
18. Apabila murid tidak bisa hadir pada waktu yang bersamaan maka pembelajaran yang disarankan adalah:
  • Sinkron
  • Asinkron
  • Campuran
  • Terpadu
19. Apabila guru ingin memberikan umpan balik sesuai kebutuhan dan kompetensi murid, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
  • Sinkron
  • Asinkron
  • Campuran
  • Terpadu
20. Apabila guru ingin membahas konsep yang kompleks maka pembelajaran yang disarankan adalah:
  • Sinkron
  • Asinkron
  • Campuran
  • Terpadu

Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi


1. Dalam komunikasi terjadi pertukaran :

o A. Informasi

o B. Mata Uang

o C. Barang

o D. Jasa


2. Komunikasi efektif tercapai ketika :

o A. Adanya komunikasi verbal dan non verbal

o B. Komunikator mengenal lawan bicara

o C. Pesan disampaikan dengan jelas

o D. Pesan yang disampai dapat dimengerti oleh lawan bicara


3. Komunikasi efektif harus terjadi dalam dua arah yang berarti :

o A. Pemberi pesan seorang komunikator yang handal

o B. Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara

o C. Pemberi pesan memakai metode yang tepat

o D. Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non verbal


4. Tujuan mendengar lawan bicara adalah :

o A. Untuk dapat merespon dengan benar

o B. Untuk memenangkan argumen

o C. Untuk mengerti lawan bicara

o D. Untuk menguji pengetahuan lawan bicara


5. Ketika Ibu Sophia bertemu dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :

o A. Kesopanan

o B. Nonverbal

o C. Efektif

o D. Virtual


6. Faktor utama untuk memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan yang baik adalah :

o A. Simpati

o B. Emosi

o C. Empati

o D. Strategi Komunikasi


7. Berikut ini adalah contoh komunikasi efektif, kecuali :

o A. Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai maksud komunikator

o B. Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya

o C. Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator, kemudian disebarluaskan

o D. Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan


8. Dalam komunikasi virtual, berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :

o A. Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid

o B. Teknologi komunikasi yang canggih

o C. Perencanaan yang matang

o D. Penulisan pesan yang personal


9. Dalam komunikasi efektif untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication (NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :

o A. Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan seseorang orang lain

o B. Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain

o C. Melakukan kritik yang membangun

o D. Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan bicara


10. Apa yang harus ditentukan di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?

o A. Penggunaan teknologi yang tepat

o B. Alasan dan tujuan komunikasi


o C. Pesan yang detail dan lengkap

o D. Lawan bicara

Correct

11. Manakah yang termasuk dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi siswa online?

o A. Bersikap jelas

o B. Pesan tidak sampai kepada pendengar

o C. Gaya komunikasi tidak berkesan

o D. Jalur komunikasi tidak jelas?


12. Berikut ini adalah pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :

o A. Pendek namun efektif

o B. Bersikap jelas

o C. Detail, lengkap dan tertata

o D. Sampaikan apa yang harus dicapai

Correct

13. Tujuan merencanakan kapan dan mengapa kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah :

o A. Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten

o B. Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda

o C. Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri lebih dalam

o D. Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah


14. Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :

o A. Bersikap jelas

o B. Pendek namun efektif

o C. Jelaskan jalur komunikasi yang tepat

o D. Sampaikan apa yang harus dicapai


15. Hal apa yang tidak dapat dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?

o A. Penggunaan tulisan

o B. Gambar

o C. Media online


o D. Penggunaan bahasa tubuh



Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi



1. Hook secara literal dapat diartikan sebagai :

o A. Pengait

o B. Pengikat

o C. Pelindung

o D. Persatuan


2. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :

o A. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan

o B. Struktur dasar yang digunakan dalam menulis drama, film dan penceritaan

o C. Perkenalan pada cerita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton

o D. Konflik dalam sebuah cerita yang diciptakan sehingga menjadi seru



3. Hal apa saja yang termasuk dalam struktur tiga babak :

o A. Evolusi

o B. Revolusi

o C. Ekspresi

o D. Resolusi


4. Apa sajakah kelebihan teknik penceritaan?

o A. Cerita mudah diingat

o B. Cerita menarik perhatian pembaca

o C. Cerita menggugah perasaan pembaca

o D. Cerita mudah ditebak akhirnya


5. Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20 kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?

o A. J.K Rowling

o B. Charles Dickens

o C. Jerome Bruner

o D. Anna Freud


6. Apakah fungsi utama hook?

o A. Menjadikan konten yang diciptakan menjadi seru dan menarik untuk terus dilihat

o B. Membuat penonton melihat ke depan dalam beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara sukarela meneruskan untuk melihat konten yang disajikan

o C. Membuat dan membangun konflik dan resolusi yang jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman belajar berkesan

o D. Memastikan kejelasan cerita


7. Dalam teknik penceritaan, hook adalah :

o A. Penentuan apakah cerita ini menarik

o B. Membuat konten yang membuat kepedulian

o C. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan

o D. Perkenalan pada ceita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton dan keseluruhan cerita


8. Masalah teratasi merupakan bagian dari struktur tiga babak yaitu :

o A. Ekspresi

o B. Impact

o C. Persuation

o D. Resolusi


9. Apakah yang dapat membuat sebuah konten yng diciptakan menjadi seru?

o A. Konflik dan resolusi

o B. Communication

o C. Plot cerita

o D. Peran utama


10. Manakah yang termasuk dalam tips untuk membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?

o A. Menyampaikan dengan pengantar yang tepat

o B. Mengerti persis masalahnya

o C. Memastikan kejelasan cerita

o D. Biarkan konflik menggantung



Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi



1. Apa isi dari sebuah konten?

o A. Informasi

o B. Hiburan

o C. Ajakan

o D. Semua benar


2. Diantara dibawah ini mana tahapan pertama untuk membuat konten?

o A. Membuat rencana

o B. Memasarkan

o C. Mengeksekusi

o D. Memviralkan



3. Dibawah ini yang termasuk tiga komponen utama yang perlu diperhatikan pada saat membuat rencana adalah :

o A. Mengerti persis apa masalahnya

o B. Mengerti persis apa solusi paling tepat

o C. Mengerti persis pemirsanya

o D. Semuanya benar



4. Tiga Kunci dalam eksekusi konten adalah :

o A. Impact, Communication, Execution

o B. Impact, Execution, Persuasion

o C. Impact, Communication, Persuasion

o D. Execuion, Persuasion, Impact


5. Dalam proses pembuatan konten, diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut adalah pertanyaan validasi kecuali :

o A. Apakah konten ini menarik?

o B. Apakah konten ini akan viral?

o C. Apakah konten ini informatif?

o D. Apakah konten ini membuat orang lain menjadi peduli?


Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous - Bimtek Seri Semangat Guru - Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 3
Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Pelajaran 3 Synchronous : Creativity – Konten dan Teknik Penceritaan Penilaian Awal Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 3


Kuis ini terdiri 15 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. 

1. Apa isi dari sebuah konten?
A. Informasi
B. Hiburan
C. Ajakan
D. Semua benar

2. Diantara dibawah ini mana tahapan pertama untuk membuat konten?
A. Membuat rencana
B. Memasarkan
C. Mengeksekusi
D. Memviralkan

3. Dibawah ini yang termasuk tiga komponen utama yang perlu diperhatikan pada saat membuat rencana adalah :
A. Mengerti persis apa masalahnya
B. Mengerti persis apa solusi paling tepat
C. Mengerti persis pemirsanya
D. Semuanya benar

4. Tiga Kunci dalam eksekusi konten adalah :
A. Impact, Communication, Execution
B. Impact, Execution, Persuasion
C. Impact, Communication, Persuasion
D. Execuion, Persuasion, Impact

5. Dalam proses pembuatan konten, diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut adalah pertanyaan validasi kecuali :
A. Apakah konten ini menarik?
B. Apakah konten ini akan viral?
C. Apakah konten ini informatif?
D. Apakah konten ini membuat orang lain menjadi peduli?

6. Hook secara literal dapat diartikan sebagai :
A. Pengait
B. Pengikat
C. Pelindung
D. Persatuan

7. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :
A. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
B. Struktur dasar yang digunakan dalam menulis drama, film dan penceritaan
C. Perkenalan pada cerita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton
D. Konflik dalam sebuah cerita yang diciptakan sehingga menjadi seru

8. Hal apa saja yang termasuk dalam struktur tiga babak :
A. Evolusi
B. Revolusi
C. Ekspresi
D. Resolusi

9. Apa sajakah kelebihan teknik penceritaan?
A. Cerita mudah diingat
B. Cerita menarik perhatian pembaca
C. Cerita menggugah perasaan pembaca
D. Cerita mudah ditebak akhirnya

10. Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20 kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?
A. J.K Rowling
B. Charles Dickens
C. Jerome Bruner
D. Anna Freud

11. Apakah fungsi utama hook?
A. Menjadikan konten yang diciptakan menjadi seru dan menarik untuk terus dilihat
B. Membuat penonton melihat ke depan dalam beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara sukarela meneruskan untuk melihat konten yang disajikan
C. Membuat dan membangun konflik dan resolusi yang jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman belajar berkesan
D. Memastikan kejelasan cerita

12. Dalam teknik penceritaan, hook adalah :
A. Penentuan apakah cerita ini menarik
B. Membuat konten yang membuat kepedulian
C. Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
D. Perkenalan pada ceita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton dan keseluruhan cerita

13. Masalah teratasi merupakan bagian dari struktur tiga babak yaitu :
A. Ekspresi
B. Impact
C. Persuation
D. Resolusi

14. Apakah yang dapat membuat sebuah konten yng diciptakan menjadi seru?
A. Konflik dan resolusi
B. Communication
C. Plot cerita
D. Peran utama

15. Manakah yang termasuk dalam tips untuk membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?
A. Menyampaikan dengan pengantar yang tepat
B. Mengerti persis masalahnya
C. Memastikan kejelasan cerita
D. Biarkan konflik menggantung

Jawaban Kuis Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru - Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Jawaban Kuis Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru - Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru



1. Penjaminan mutu pembelajaran diperlukan untuk memastikan penyelenggaraan pembelajaran sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan.
Benar
Salah

2. Penjaminan mutu hanya dilakukan melalui pemantauan proses pembelajaran.
Benar
Salah

3. Pemantauan pembelajaran yang dilakukan guru sama halnya dengan penilaian.
Benar
Salah

4. Pemantauan pembelajaran yang dilakukan guru digunakan sebagai refleksi untuk melakukan perbaikan mutu proses pembelajaran.
Benar
Salah

5. Pemantauan bukan sebatas pengumpulan data, tetapi juga memastikan adanya pengelolaan dukungan yang dibutuhkan guru.
Benar
Salah

6. Kriteria keberhasilan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang digunakan guru tidak mencakup pelibatan orang tua.
Benar
Salah

7. Guru dapat mengukur efektivitas pembelajaran di masa pandemi COVID-19 melalui instrumen penilaian diri mencakup hasil evaluasi dan verifikasi.
Benar
Salah

8. Salah satu tujuan pemantauan pembelajaran yang dilakukan guru untuk mengetahui tingkat kepatuhan pada protokol kesehatan.
Benar
Salah

9. Selain pemantauan pembelajaran, guru juga perlu melakukan penjaminan mutu melalui tindak lanjut pengembangan pembelajaran.
Benar
Salah

10. Hasil pemantauan digunakan guru untuk memperoleh rekomendasi langkah tindak lanjut.
Benar
Salah

Jawaban Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 - Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 - Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru




1. Langkah pertama yang dapat guru lakukan dalam melakukan penyusunan RPP adalah menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
Benar
Salah

2. Guru Atika telah merencanakan untuk melakukan asesmen diagnosis pada siswa dan orang tua di awal kelas Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini akan ia gunakan untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa-siswinya.
Benar
Salah

3. Guru Ria diberi tahu bahwa salah siswa kelasnya terkonfirmasi positif setelah kunjungannya dari luar kota. Guru Ria kemudian melaporkan kepada tim kesehatan sehingga PTM tetap berjalan seperti jadwal biasa.
Benar
Salah

4. Guru Patria menyusun komposisi PTM dan PJJ di kelasnya dengan menekankan komposisi terbanyak pada PTM yaitu 4 kali seminggu. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan banyaknya beban materi belajar yang perlu dikuasai dan dilatih oleh siswa kelas 5 menghadapi AKM.
Benar
Salah

5. Berkaca dari pengalaman pembelajaran di Tahun Ajaran yang lalu, Guru Dito bertekad untuk melakukan strategi asesmen formatif yang lebih beragam di Tahun Ajaran 2021/2022, dan memberikan umpan balik yang berkala pada siswa-siswinya sehingga mereka dapat melakukan perbaikan jangka pendek.
Benar
Salah

6. Guru Ima mengajar di TK A dan memberikan tugas-tugas mandiri yang harus dilakukan bersama-sama oleh murid dan orangtua di rumah. Hal ini dilakukan untuk tetap memberikan stimulasi langsung pada murid TK A yang tidak dapat dilakukan secara maksimal melalui PTM.
Benar
Salah

7. Karena banyaknya Rombel di jenjang kelas VII, maka jumlah klombel untuk setiap kelas terpaksa dibuat sedikit lebih besar dari batasan ketentuan maksimal sehingga dapat mengakomodasi semua siswa untuk mengalami PTM minimal 2 kali seminggu.
Benar
Salah

8. Untuk memastikan semua guru tetap bekerja dan menjalankan tugasnya sesuai jam mengajar, semua guru, baik mereka yang akan mengajar di sesi PTM maupun yang tidak, tetap diharuskan bekerja dari sekolah.
Betul
Salah

9. Sebelum Tahun Ajaran baru dimulai, Sekolah tempat Guru Wahyudi mengajar, menjadwalkan sosialisasi kepada orangtua murid untuk memahami ketentuan PTM terbatas sekolah secara umum, dan memahami jadwal pelajaran kelas secara khusus. Hal ini penting, agar orangtua memiliki pemahaman yang sama akan protokol kesehatan dan tujuan pembelajaran anaknya untuk memberikan dukungan penuh.
Benar
Salah

10. Guru Suci mengajar Matematika di kelas IX SMP. Beban mengajar Guru Suci saat Pembelajaran di Tahun Ajaran 2021/2022 akan berkali-kali lipat, karena ia harus mengajar berkali-kali sehari.
Benar
Salah